Wednesday, 17 November 2010

Panduan Amal Wanita Shalihah

Judul: Panduan Amal Wanita Shalihah
Penulis: Afifah Afra
Penelaah: DR. KH. Muinudinillah Bashri, Lc., MA
Harga: Rp 54.000
Ukuran: A5/325 halaman

Inginkah Anda sejelita bidadari surga? Bidadari dengan sifat sebagaimana firman-Nya, "Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita parasnya. Seolah-olah mereka adalah telur yang tersimpan dengan baik." (QS. ash-Shaffat: 48-49).

Ibnu Katsir menafsirkan ayat tersebut dengan wanita-wanita yang pandai menjaga kehormatannya. Paras mereka sangat jelita, matanya indah menawan, penampilannya luar biasa cantik, pandai menjaga diri, takwa, dan bersih. Allah juga berfirman, "Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan" (QS. ar-Rahman: 58). Sebuah penggambaran yang begitu dahsyat tentang kecantikan seorang wanita bukan? Pendek kata, bidadari surga adalah kesempurnaan pesona seorang wanita. Tak hanya pesona lahiriah, tapi juga batiniah.

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra., bahwa Nabi Saw. pernah bersabda, "Seandainya seorang bidadari dari surga menampakkan diri kepada penghuni bumi, niscaya cahaya tubuhnya dan bau harumnya akan memenuhi ruang antara langit dan bumi, serta kerudung rambutnya lebih indah dan lebih bernilai daripada dunia seisinya" (HR. Bukhari). Namun, percayakan Anda bahwa ternyata ada sosok-sosok yang mampu mengalahkan Sang Bidadari? Ya, mereka adalah wanita salihah, meskipun di dunia memiliki wajah biasa-biasa saja, ternyata mereka akan menandingi kemuliaan para bidadari ketika memasuki pintu surga.

Ummu Salamah ra. bertanya kepada Rasulullah saw., "Ya Rasulullah, beritakanlah kepada kami, mana yang lebih utama di surga, wanita di dunia ataukah bidadari surga?" Rasulullah saw. lalu menerangkan bahwa perempuan dunia di surga sangat lebih utama daripada bidadari surga karena shalat, puasa, dan ibadah yang dilakukan mereka. "Allah SWT memberi cahaya di wajah mereka, mereka mengenakan sutera di tubuhnya, warna kulit mereka putih, pakaian mereka hijau, perhiasan mereka kuning, pedupaan mereka mutiara, dan sisir mereka adalah emas. Mereka mengatakan, 'Kami adalah perempuan-perempuan abadi yang takkan mati. Kami adalah perempuan-perempuan bahagia yang takkan pernah miskin. Kami adalah perempuan-perempuan penduduk tetap yang takkan pindah selamanya. Ketahuilah, kami adalah perempuan-perempuan yang ridha dan takkan marah selamanya. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami menjadi miliknya.'"

Andakah wanita salihah itu? Perempuan-perempuan abadi yang takkan mati? Mari kita bersama-sama bergiat dalam amaliah salihah selama di dunia, sehingga kelak, kita pun akan mengatakan apa-apa yang mereka katakan. Buku di tangan Anda ini, insya Allah akan menjadi setitik cahaya yang akan memandu kita, untuk menapaki tangga surga. Insya Allah!

Isi buku ini begitu lengkap, berikut ini komposisi isinya:
BAB 1: AKIDAH PEREMPUAN SHALIHAH, membahas tentang iman, tauhidullah, syahadatain, al wala' wal bara' dan bid'ah.

BAB 2: IBADAH PEREMPUAN SHALIHAH, berisi tentang aturan thaharah, shalat, puasa, zakat dan haji

BAB 3: KEKHASAN REPRODUKSI PEREMPUAN, berisi tentang organ reproduksi perempuan, haid, istihadhah, kehamilan, melahirkan dan nifas, menyusui serta pengaturan jarak kelahiran.

BAB 4: PENAMPILAN PEREMPUAN SHALIHAH, berisi tentang bagaimana berpakaian, berhias dan menjaga penampilan

BAB 5: RUMAH TANGGA PEREMPUAN SHALIHAH, berisi tentang persiapan berumah tangga, pernikahan, nafkah dan keqawaman serta hak dan kewajiban suami-istri

BAB 6: BAGAIMANA PEREMPUAN SHALIHAH MENDIDIK ANAK, berisi tentang kewajiban ibu, fase perkembangan dan pertumbuhan anak serta kurikulum tarbiyah anak-anak.

BAB 7: PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT ISLAM, berisi tentang posisi perempuan dalam masyarakat Islam, karir yang diperbolehkan, serta gender dan feminisme.
Artikel Terkait

1 comment: