Seberapa Dinamiskah Anda?

Dear, Sobat… pribadi yang dinamis ini, sangat dibutuhkan lho. Bukan hanya untuk umat, tetapi juga untuk diri kita sendiri. So, ukur yuk, seberapa dinamis diri kita?
Memang sih, kuis ini nggak ilmiah-ilmiah banget, tetapi paling tidak bisa memberikan gambaran, sebenarnya kita  ini tipikalnya kayak apa sih, dan apa yang kudu kita lakukan, jika Anda termasuk dalam tipe semacam itu.
Yuk, mulai! Seperti biasa, pilih jawaban yang paling pas buat Anda!


DAFTAR PERTANYAAN
1.   Anda jadi pimred majalah tempat Anda bekerja. Suatu hari, ada orang baru di kantor Anda yang masuk jadi salah satu redaktur. Tiba-tiba, orang baru itu ngajak Anda diskusi berjam-jam. Dia bilang, majalah yang Anda pimpin itu nggak trendi, kuno, konservatif, sama sekali nggak menarik. Trus dia memberikan beberapa usul untuk mengadakan perubahan. Sikap Anda?
a.  Usul ditampung! Tetapi tidak harus diterima kan? Benar-benar harus dipikirkan sangat mendetail. Emang gampang bikin perubahan? Kan kudu nambah biaya, mana perusahaan pelit banget ngasih dana lagi?
b.   Diterima banget. Lakukan perubahan, sekarang juga! Kalau perlu, demo ke manajemen perusahaan. Masak dana buat majalah perusahaan hanya seuprit!
c.  Gagasan yang briliyan! Sebenarnya sudah lama aku ngerasa hal yang sama. Dengan adanya usulan dari dia, aku merasa lebih didukung untuk melakukan perubahan. Tetapi, segalanya kudu dipikirkan, kan Fren?
2.    Berapa banyak jalan yang kau tempuh untuk menuju tempat Anda bekerja?
a.    Satu aja. Jalan yang terpendek atau paling gampang ditempuh.
b.    Uh, hampir setiap saat aku ganti jalan. Pembosan nomor wahid!
c.   Beberapa kali rubah jalan, buat variasi aja. Tetap berpikir mana jalan yang paling enak buat menuju perusahaan. Aku nggak mau menghabis-habiskan waktu.
3.   Hanya ada nasi di rumah. Tak ada lauk, apalagi sayur. Cuma telur mentah, dan bumbu dapur. Ugh, padahal Anda lapar banget.
a.      Ngapain susah-susah. Cegat aja penjual mie ayam yang lewat! Habis perkara.
b.    Bikin nasi goreng, bikin telur ceplok. Tapi habis itu ada penjual mie ayam lewat, trus Anda cegat juga.
c.       Bikin nasi goreng, trus dimakan. Kenyang, sedap, menghemat…
4. Anda dipindahkan ke kota lain. Berarti Anda sekeluarga harus pindah rumah, pindah suasana, dan tentu saja… harus berpisah dengan sahabat-sahabat lama.
a.  Ini nih, yang paling menyebalkan buat saya. Saya sangat sulit beradaptasi. Bisa tiga bulanan lebih baru bisa kenal tetangga terdekat…
b. Yee… asyik banget! Daku kan paling senang berkenalan dengan orang-orang baru. Sahabat lama? Ah… biarin aja! Daku gampang lupa juga kok, sama orang, hihi…
c.   Bisa jadi, suasana baru akan membuat perubahan baru. Akan tetapi, aku tetap ngerasa sedih, karena harus berpisah dengan lingkungan lama.
5.      Berapa kali Anda membuat perubahan tanda-tangan?
a.  Nggak pernah berubah! Sejak dulu sama. Meski jelek aku pertahankan. Masak tanda-tangan berubah?
b.  Wah… serem juga ya kalau menyadari? Masak ijazah SD, SMP, SMA dan beberapa arsip penting lainnya tanda-tangannya beda-beda?
c.    Beberapa kali ganti. Setelah menemukan yang pas, sampai sekarang tetap.
6.    Apakah Anda selalu merubah-rubah posisi kamar tidurmu?
a.    Jarang banget. Aku ngerasa puas dengan dekorasi yang sederhana, dan kamarku kan dekornya sederhana, jadi ngapain dirubah-rubah.
b.      Hampir tiap hari aku merubah posisi. Cat kamar pun aku ganti-ganti terus setiap liburan.
c.      Ya, kalau sudah bosan, biasanya aku ganti. Tapi juga lihat situasi dan kondisi.
7.    Di depanmu ada orang kecelakaan, jatuh dari motor dan berdarah. Sikap Anda?
a.  Baru ketika ada yang berani turun tangan, dan bantuanku dibutuhkan, aku turun dan menolongnya. Bukannya nggak peduli, tetapi nggak berani.
b.  Langsung menolongnya. Lalu panggil taksi. Nah, saat itu Anda ngelihat sopir taksinya ternyata sedang sakit perut. Mendadak Anda lupa pada korban kecelakaan itu, dan malah sibuk nyari obat sakit perut buat si sopir taksi.
c.    Langsung menolong, lapor polisi dan membawa korban ke rumah sakit.
8.   Dalam sebuah pengajian, Anda diberitahu bahwa hukum berjilbab bagi muslimah itu wajib. Sikap Anda?
a.    Sudah tahu sejak lama. Tetapi, gimana ya? Niat ada sih, tetapi nggak tahu kapan.
b.    Langsung pakai, tetapi baru saja pakai kerudung, ternyata panas banget. Trus, lepas lagi deh… ternyata berkerudung itu susah ya?
c.   Memikirkan langkah-langkah untuk berbusana muslimah secara rapi, nggak pakai lama terus pakai, dan insya Allah akan berusaha sekuat tenaga, sampai ajal menjemput tetap berjilbab rapi.
9.    Habis shalat subuh, apa aktivitasmu yang paling sering Anda lakukan?
a.    Seringnya sih tidur lagi. Tidur tuh asyik banget, tahu!
b.   Penginnya sih nggak tidur. Sebenarnya udah buka-buka buku, mau belajar. Tapi karena kantuk nggak bisa ditahan, akhirnya tidur juga.
c.  Banyak! Olahraga, bersih-bersih, belajar dan menyiapkan perbekalan menuju perusahaan.
10.  Gaji Anda 2 juta rupiah sebulan. Dan, dalam waktu dua minggu, karena banyak kegiatan, uang Anda tinggal seperempatnya,-
a.      Yaaah, kok tinggal segini, sih! Waduh, gimana nih? Mana bisa uang segini buat dua minggu. Minta duit ortu aja deh ….
b.      Alhamdulillah, masih ada uang segini,- bisa buat traktir teman-teman lagi.
c.       Alhamdulillah, masih ada jatah buat nabung. Selanjutnya, lebih berhemat-lah…

BAHAS YUUK!

JIKA JAWABAN ANDA DOMINAN A
“Bakat Kopral Macet”
So, kalau Anda masuk ke jalan tol, Anda akan jadi biang macet. Hehe, maaf, bercanda. Tetapi, dirimu ini, Dear… benar-benar butuh diterapi. Anda harus lebih bisa menerima ide-ide perubahan. Harus banyak bergerak lagi, karena segala sesuatu hanya akan bisa bermanfaat jika digerakkan. Mesin, kalau diam di tempat, semahal apapun harganya, jelas nggak manfaat. Kalau nggak segera berbenah, Anda tuh bisa ketinggalan lho, tak sekadar jauh, tetapi jauuuuh banget. Bisa-bisa teman-temanmu sudah terbang ke bulan, sementara Anda baru menjejakkan kaki keluar rumah.

JIKA JAWABANMU DOMINAN B
“Gerak, Tapi Gak Terarah”
Anda ini sebenarnya dinamis, tetapi acak-adut banget. Emosi lebih dominant mempengaruhimu daripada logika. So, Anda sering berprinsip, pokoknya jalan dulu, berpikir nanti-nantilah! Jadi, Anda sering banget serudak-seruduk tanpa arah. Asal lebih diorganisir, sebenarnya Anda ini punya bakat sukses kok. So, cobalah lebih fokus dalam melakukan setiap hal. Utamakan prioritas paling penting. Konsentrasi, lebih tekun, dan… lebih banyak berpikir lagi ya, hehe…

JIKA JAWABANMU DOMINAN C
Wow, Sosok Dinamis yang Manis ^_^
Ehm, kalau saya sudah besar dan siap menikah, maulah saya menjadikan Anda menantu. Soalnya, Anda ini manis banget. Orang-orang seperti Anda nih, yang sedang dirindu oleh ummat. So, mantapkan langkahmu. Jangan ragu-ragu bergerak, jika itu memang sebuah langkah yang benar. Mungkin Anda akan menanggung resiko-resiko akibat kedinamisanmu itu. Tetapi, sebuah perubahan menuju pembaruan, memang selalu bergelimang resiko. Jangan pernah menyerah!


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Seberapa Dinamiskah Anda?"

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!