Oalah, Ternyata April Mop!

Akhir Maret 2012, menjelang bulan bergulir ke April, khalayak diberi pertunjukan seru oleh para anggota dewan. Yaks, sebuah drama pihak pro dan kontra BBM. Akhirnya, BBM memang tak naik, namun muncul ayat 'siluman' yang menggemparkan. Banyak kalangan yang menyebutkan peristiwa itu sebagai 'April Mop' dari anggota dewan yang terhormat buat rakyat Indonesia.
Lantas, suami saya tercinta bertanya kepada saya, "April Mop tuh, apaan sih?" Eh, nanyanya diam-diam, takut orang tahu kalau dia nggak tahu apa arti April Mop. Padahal, yang ditanya sama nggak ngertinya dengan yang bertanya. Saya memang sering mendengar istilah April Mop, dan ngertilah kurang lebih artinya. Tetapi, mengapa harus April Mop, mengapa tidak Mei Mop, Juni Mop dst ... dan kenapa sih, istilah itu ada, sekali lagi, saya sama nggak ngertinya. 
Untunglah sebelum suami menanyakan hal itu, ada seorang anak ABG yang ngirim message ke salah satu CP saya, isinya uraian panjang tentang Sejarah April Mop. Jadi, saya cukup bisa terlihat PD di depan suami, cieee!

Hari "Ngerjain" Orang
April Mop, yang jatuh setiap 1 April, adalah hari yang mana orang bikin kejutan-kejutan pada orang yang lain, kadang tipuan, yang dimaksudkan untuk 'mengerjai'. Misalnya, Anda memasukkan tikus ke tas sahabat Anda, lantas saat sahabat Anda tersebut kaget melihat si mouse meloncat dari tikus, Anda berkata, "April Mop!" begitulah kurang lebihnya.
Di Barat, 1 April lebih dikenal sebagai April Fool's Day. Di hari tersebut, orang-orang membuat lelucon, kejutan, tipuan dan sejenisnya, yang ditujukan kepada keluarga, sahabatnya, atau khalayak. Tahun 1950 misalnya, sebuah stasiun televisi di Belanda mengabarkan, bahwa Menara Pisa di Italia telah ambruk. Orang-orang terkejut dan mendatangi stasiun itu, dan ternyata hanya sebuah 'April Mop.'
Lucu? Mungkin aja. Maka, jika pada tanggal 31 Maret ternyata suami Anda marah besar tanpa sebab, atau laptop kesukaan Anda tiba-tiba hilang, bisa jadi itu hanya sebuah 'April Mop.'
Tapi, yang berkebalikan juga ada. Wafatnya Raja Yunani, George II banyak diragukan orang karena ngepasi dengan 1 April 1947. Ketika kabar berhembus, orang menganggap, “Ah, paling April Mop.” Dan, bagaimana jika Anda menikah pada 1 April dan ternyata gedung tempat walimah Anda kosong melompong, karena undangan mengira hanya April Mop? Gubrak!

Kontroversi Sejarah
Asal-muasal April Mop, hingga kini masih menjadi kontroversi. Ada yang berpendapat bahwa 1 April adalah hari pembantaian umat muslim di Spanyol. Saat itu orang-orang Muslim dikumpulkan di kapal, lalu oleh pasukan Salib, kapal mendadak dibakar, sehingga ribuan kaum Muslimin terbunuh. Pendapat ini beredar di kalangan kaum Muslim, sehingga banyak yang kemudian mewanti-wanti agar muslimin tidak ikut-ikutan membikin April Mop.[1]
Pendapat yang lain ditulis oleh para sebagian sejarawan yang lain. Mereka menulis bahwa asal-usul April Mop ini terjadi pada tahun 1582. Saat itu  Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian kalender Julian. Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April dari kalender Julian sebelumnya. Sedangkan kalangan agamis Kristen sebagaian berpendapat bahwa 1 April adalah hari meninggalnya Yudas, sang penghianat Yesus.[2]
Mana yang benar? Wallahu a’lam.

April Mop, Bolehkah Bagi Seorang Muslim?
Lepas dari kontroversi sejarah, apakah tipuan itu diperbolehkan dalam Islam? Meskipun bermaksud sebagai sebuah guyonan? Baca deh, hadits ini: Rasulullah saw bersabda, “Hendaknya kalian selalu jujur. Sebab, kejujuran itu menghantarkan kepada kebajikan dan kebajikan itu menghantarkan kepada surga. Seseorang akan senantiasa jujur dan berusaha keras untuk jujur sampai dicatat di sisi Allah sebagai shiddiq (orang yang sangat jujur). Dan waspadalah terhadap dusta. Sebab, dusta itu menghantarkan kepada keburukan/kejahatan dan keburukan itu menghantarkan kepada neraka. Dan seseorang akan selalu dusta dan berusaha keras untuk dusta sampai dicatat di sisi Allah sebagai kadzdzaab (pendusta)” (HR Muslim no. 4721).
Jadi, nggak usah deh, ber-April Mop-an segala! Apalagi jika yang bikin April Mop adalah anggota dewan yang terhormat, dan korban dari dusta itu adalah rakyat. Na’udzubillah!




[1] http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/04/01/m1ssh2-april-mop-perayaan-dibunuhnya-umat-islam-di-spanyol
[2] http://www.wikimu.com/News/Print.aspx?id=7447

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Oalah, Ternyata April Mop!"

  1. kunjungan gan :)
    bagi bagi motivasi :
    Sesungguhnya di saat kesusahan teman, satu senyum yang tulus lebih berharga daripada sejuta kata yang tiada guna.
    ditunggu kunjungan baliknya gan :)

    ReplyDelete
  2. April Mop gimana? Lha wong ditolak oleh para anggota dewan kok. Ya nggak jadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya menuliskan kembali apa yang banyak dibicarakan oleh banyak kalangan. Mungkin ada yang berkompeten menjelaskan mengapa rapat paripurna BBM tersebut disebut2 sebagai April Mop? :-)

      Delete
  3. Esensinya April Mop, pemerintah sejak Januari sudah meresahkan rakyat dengan niat menaikkan BBM, eh ternyata cuma "lelucon", April Mop deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia! Bagi yang merasa berkepentingan dg BBM naik, termasuk para penimbun BBM, ini benar2 sebuah APRIL MOP. Tapi, saya sih percaya, Anggota Dewan tidak sengaja bikin APRIL MOP di sidang paripurna itu

      Delete
  4. Mbak asyik blognya kayak gini, sederhana tapi cantik, yg kemarin rame banget, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, saya juga suka yg sederhana:-)

      Delete

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!