De Romance atau Da Donspiração?

Sebenarnya saya agak kurang enak, memposting tema ini, hehe. Tetapi berhubung begitu banyak yang telah menanti terbitkan Buku Ketiga Tetralogi De Winst ini, saya rasa perlu melibatkan mereka dalam pemilihan judul. Dan blog ini, adalah bagian interaksi saya dengan para pembaca. Yang saya bikin bebas, tanpa ada moderasi dalam berkomentar. Tapi, kalau ada komentar yang nggak enak, ya saya delete... hehe.



Singkat kata, beberapa waktu berselang, saya sempat mensharing rencana judul buku tersebut. De Romance, untuk beberapa pembaca, judul itu sudah familiar. Malah sudah ada puluhan yang memaksa pesan, padahal buku belum juga masuk percetakan :-). Dengan berat hati, tentu saya menolak pemesanan tersebut.

Akan tetapi, mendadak ada masukan, bahwa judul De Romance itu terlalu biasa. Tonjolan romantisme sama sekali bukan khas saya, begitu katanya. Apalagi, romantisme bukan sesuatu yang cukup menonjol di novel ini, meskipun memang banyak hal romantis terdapat di novel tersebut. Justri intrik dan konspirasilah yang lebih mendominasi alur, dengan setting kondisi sosial politik Flores saat peralihan kependudukan dari Portugis ke Belanda. Nah, akhirnya muncullah kata  Da Conspiração (konspirasi). Ini bahasa Portugis, mengingat settingnya di Flores, yang budayanya memang banyak dipengaruhi oleh Portugis.

Ini rencana sinopsisnya: Ada komentar?

Berabad silam, para pelaut Portugis menemukan pulau yang bertabur bunga dan menamakan FLORE

S. Selama beberapa periode, Portugis menduduki pulau itu, sampai kemudian diserahkan kepada Belanda. Periode peralihan adalah masa-masa pulau itu seakan tak bertuan. Bajak laut dan perampok merajalela. Pemberontakan para raja kecil atau mosalaki membuat Flores kian porak poranda. Dalam keadaan semacam itu, Raden Mas Rangga Puruhita memasuki pulau itu sebagai tahanan pemerintah Hindia Belanda.

Flores hanyalah pulau gersang. Namun buminya diperkirakan mengandung bijih emas dalam jumlah melimpah. Tak ada yang merelakan Flores terlepas dari kekuasaannya. Berbagai konspirasi digelar. Salah satunya sebuah konspirasi yang melibatkan sekelompok bajak laut yang dikoordinasi secara rapi menyerupai Mafioso di Sisilia: Bevy da Aguia Leste. Sekelompok bajak laut inilah yang menyeret Rangga Puruhita dalam sebuah pusaran gelombang yang membantingnya dalam sebuah pilihan: hidup atau mati.

Di satu sisi, Rangga harus pula berhadapan dengan radikalisme gerakan kemerdekaan kaum pribumi. Juga disergap pesona Tan Sun Nio, gadis Tionghoa jelita nan kaya raya dan sangat berkuasa. Sebuah novel yang sarat teka-teki dan kejutan di setiap babnya!

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "De Romance atau Da Donspiração?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. keren mbak sinopsisnya pasti keren kayaknya ni ......... mbak berapa bulan proses penulisan...... dan mengumpulkan data ttg flores

    ReplyDelete
  3. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    h dari mereka di atasmu. Nikmati hidup bersama mereka di sampingmu. Jangan remehkan mereka di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
  4. tante,aku udah mbaca dua2nya...ampe terharu baguuus bgt,tp menurut aku koq klo d buku ketiga kan ngga ada sekar alias memoarnya rangga jadi menurut aq romantisme sesungguhnya hanya pada sekar dan rangga,maaf emosional tp aku berharap tante bikinnya rangga nikah ama sekar tp kan terserah tante tp aq slalu berharap...semangat trus bwt tante,semangat!semangat!

    ReplyDelete
  5. Sinopsinya sudah bagus mbak, gk sabar nggu novelnya terbit. Penasaran dengan kelanjutan perjuangan Sekar di Negeri orang dan Perjalan Kareen menuju pengasingan

    ReplyDelete
  6. berbagi kata kata motivasi gan
    Orang yang berpikiran negatif selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, Sedangkan orang sukses selalu mencari kesempatan dalam setiap kesulitan.
    salam kenal, sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya ya :D

    ReplyDelete

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!