Ini Dia, 6 Penyebab Selingkuh Dalam Rumah Tangga

Selingkuh itu banyak yang mendefinisikan sebagai "Selingan Indah Keluarga Utuh". Selingkuh itu nikmat dan indah, kata sebagian orang. Saking indahnya, sampai-sampai ada syair lagu yang begini liriknya:

ijinkan aku sekali saja
rasakan cinta yang lain
sekali saja ku ingin memeluknya
dan cium bibirnya
hanya untuk biarkan dia...

Wuih! Saya nggak usah menyebutkan, itu lagu siapa ya. Paling-paling. Sobat semua sudah pada tahu, malah lebih tahu dari saya, hehe. Maklum, saya kan tipe yang selalu telat update soal perkembangan musik.

Fenomena selingkuh, sepertinya memang telah menjadi sesuatu yang jamak akhir-akhir ini ya. Tidak lelaki, tidak perempuan, semua sama. Jika dahulu, kita mengenal istilah lelaki hidung belang, sekarang, perempuan pun banyak yang hidungnya jadi belang. Bahkan menurut Dr David Holmes, Psikolog dari Manchester Metropolitan University, perempuan lebih sering berselingkuh. (Info detil diambil dari artikel  Wanita Ternyata Ahli Selingkuh Dibanding Pria?.

Selingkuh tentu sangat berbahaya, karena benar-benar mengancam keutuhan bangunan rumah tangga. Jika suami/istri berselingkuh dan sampai pada perzinaan, sikap agama kita tegas banget lho! PELAKU HARUS DIRAJAM SAMPAI MATI. Sementara, jika yang kita selingkuhi adalah tetangga kita sendiri, dosanya lebih besar daripada selingkuh dengan pelacur. 

Sahabat Miqdad bin Aswad ra berkata, bahwa Rasulul­lah saw telah bersabda kepada para sahabat: "Bagaimanakah pendapatmu tentang perzinaan?" Jawab para sahabat "Itu adalah perbuatan haram, yang telah diharamkan Allah dan Rasul-Nya. Dan itu adalah perbuatan yang diharamkan hingga hari kiamat" Miqdad berkata: Kemudian Rasulullah saw bersabda: "Sungguh seorang lelaki yang berzina dengan sepuluh orang wanita lacur dosanya lebih ringan daripada satu kali berzina dengan istri tetangga..." (H.R. Ahmad).

Apa sebenarnya alasan seorang lelaki/perempuan memiliki PIL/WIL? Tempo hari, saya membuat survey di fanpage saya, dengan pertanyaan: Menurut Anda, apa sebab utama seorang suami/istri melakukan selingkuh? Jika Anda berminat, silakan meluncur ke sini: SURVEY SEBAB SELINGKUH.

Nah, dari survey tersebut, ada sekitar 112 jawaban yang masuk. Responden diperkenankan menjawab lebih dari satu alasan. Ada 6 hal paling utama yang menyebabkan seorang suami/istri melakukan selingkuh. Berikut ini saya paparkan enam hal tersebut.

KEIMANAN. 29 % menjawab bahwa selingkuh terjadi karena lemahnya iman, di antarnya kurangnya intensitas hubungan dengan Allah SWT.

KARAKTER/AKHLAK. 23% responden menjawab bahwa selingkuh terjadi karena lemahnya kepribadian, akhlak yang memang buruk, atau memang sudah pada dasarnya memiliki karakter kurang komitmen/tanggung jawab dan mudah dikendalikan hawa nafsu. Termasuk dalam hal ini adalah kesulitan untuk mengatasi/menjembatani perbedaan karakter.

KOMUNIKASI. 14% responden menjawab bahwa buruknya komunikasi antarpasangan suami/istri adalah faktor yang memicu terjadinya perselingkuhan.

KEBOSANAN/KEKECEWAAN. 13% responden menyebutkan bahwa rasa kecewa, bosan, garing, hambar dan sebagainya sebagai sebab perselingkuhan.

LINGKUNGAN. Dipilih oleh 11% responden. Mereka beranggapan bahwa selingkuh terjadi karena adanya kesempatan, pemahaman keliru yang berkembang di sekitarnya, godaan yang bertubi-tubi dan sebagainya.

CINTA. 10% responden menyebutkan alasan cinta, baik rasa cinta yang mulai menipis, atau memang si peselingkuh itu jatuh cinta kepada orang lain.
Mari kita catat ke-6 hal ini, dan semoga tidak terjadi pada kita. Amiin. [@afifahafra79]


INFORMASI BUKU-BUKU TERBARU SAYA (TERBIT TAHUN 2015)
1. Nun, Pada Sebuah Cermin. Novel, Terbitan Republika.
2. Akik dan Penghimpun Senja. Novel, Terbitan Indiva Media Kreasi.
3. Sayap-Sayap Mawaddah, Non Fiksi Pernikahan, Terbitan Indiva Media Kreas

Pemesanan Online klik SINI atau SMS/WA: 0878.3538.8493

Dapatkan bukunya, ikuti LOMBA RESENSINYA 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia, 6 Penyebab Selingkuh Dalam Rumah Tangga"

Post a Comment

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!