Begini Lho, Cara Men-Screenshot Gambar di PC atau Laptop

Bagi seorang Blogger, memperindah tampilan blog kita adalah keharusan. Blog yang berantakan, acak-acakan, tentu tak menarik dipandang. Nah, salah satu cara mempercantik blog adalah dengan penggunaan ilustrasi.

Seringkali kita membutuhkan image yang langsung kita ambil dari layar komputer untuk kebutuhan ilustrasi ngeblog. Kalau di HP, namanya screenshot. Tetapi, tentu agak repot ya, jika kita harus selalu men-screenshot dari HP? Terlebih, web-web responsive biasanya akan berubah tampilan, menyesuaikan layar gadget yang dipakai untuk mengaksesnya. Dan tampilan di HP, biasanya lebih sederhana ketimbang tampilan di personal computer atau laptop.

Bagaimana teknik men-screenshot gambar menggunakan PC atau laptop? Mungkin sebagian dari teman-teman sudah tahu caranya. Yang belum tahu, ini ya tahapannya!

TAHAP 1
Masuklah ke halaman tertentu yang dimaksud

TAHAP 2
Klik tombol Prt Scr (Print Screen), ada di keypad bagian kanan atas 

TAHAP 3
Buka Accecories, pilih Paint. Jika teman-teman sudah pintar menggunakan program desain seperti Coreldraw atau Photosop, bisa pakai program ini. Tetapi, program Paint jauh lebih lebih cepat dan ringan, dan juga memiliki fasilitas-fasilitas desain meski tingkat dasar.

TAHAP 4
Klik Paste/ Ctrl V
Hasilnya semacam ini

Tapi, ini masih terlalu melebar, yang kita inginkan hanya gambar posting kita, misalnya.

TAHAP 5
Pilih tombol crop, dan crop sesuai dengan keinginan kita.
Hasilnya seperti ini:

Silakan jika ingin ditambahi kata-kata, atau memanfaatkan berbagai tools yang ada di program Paint.

TAHAP 6
Klik Save as, pilih format yang dimaui, biasanya JPG, GIF atau PNG.

Jadi deh...
Prinsipnya, screenshot ini bisa dilakukan untuk semua layar PC/Laptop, baik saat online maupun offline, atau di website atau program lain.

Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Begini Lho, Cara Men-Screenshot Gambar di PC atau Laptop"

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!