Yuk, Buang Racun Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Akhir-akhir ini, kita sering mendengar berita menyedihkan dari tetangga, sahabat atau keluarga kita. Si A meninggal karena penyakit ini, si B meninggal karena penyakit itu. Lalu, kita bergumam dengan sedih, kok, sekarang penyakit semakin beraneka ragam. Ya, dunia kesehatan memang selalu mendapat tantangan dari hari ke hari. Baru saja satu penyakit ditemukan obatnya, muncul lagi penyakit baru yang lain.

Sebagai orang awam, tentu kita tidak punya kompetensi dalam masalah kesehatan. Akan tetapi, kita bisa berupaya membuat tubuh kita lebih kuat dan terhindar dari berbagai penyakit, dengan cara memperbaiki pola makan kita. Menurut Fransiska R. Zakaria dari Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fateta-IPB, sebagaimana tercantum di repository.ipb.ac.id (retrieved 29/7/2017), ada kaitan antara pangan dengan kanker.

Dalam tulisannya, beliau menyebutkan, bahwa sebagian besar jenis kanker pada manusia ternyata disebabkan oleh faktor-faktor eksternal. Dan, sebagian besar dari kanker, merupakan penyakit yang dapat dicegah. Bagaimana cara mencegahnya? Salah satunya dengan memperbaiki pola makanan dan jenis makanan yang kita konsumsi. Perbaikan status gizi dan ditambah ekstra antioksidan, merupakan benteng strategis saat berperang melawan kanker.

Demikian juga penyakit lain yang disebabkan karena toksin atau racun tubuh yang menumpuk, sebenarnya masih bisa dicegah dengan pola makan yang baik, agar proses detoksifikasi bisa berjalan dengan normal. Sebagaimana dikutip dari Kompas.com (31/8/2017), detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun-racun dan kotoran yang menumpuk pada tubuh. Agar detoksifikasi bisa berjalan optimal, disarankan dengan cara memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran kaya antioksidan dan air putih.

Berikut ini adalah sejumlah makanan kaya antioksidan yang sebaiknya sering kita konsumsi agar tubuh bersih dari senyawa-senyawa racun dan zat radikal bebas yang berbahaya.

Brokoli, merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Agar nutrisi dan senyawa yang bermanfaat tidak hilang, sebaiknya brokoli cukup dimasak sebentar saja, jangan terlalu lunak dan jangan berubah warna.

Jeruk Lemon, adalah buah yang semestinya menjadi favorit kaum pecinta kesehatan. Selain mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, jeruk lemon juga bisa melangsingkan tubuh dan membuat kulit tubuh menjadi lebih cerah, halus dan indah.

Semua jenis jeruk juga merupakan senyawa dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sedangkan kandungan vitamin C-nya bisa memperkuat kekebalan tubuh.

Anggur, Blue Berry, Stroberi, Cranberry, Ceri, Buah Naga Merah, Delima, dan semua buah yang berwarna merah-ungu-biru. Pigmen warna merah-ungu-biru disebut sebagai antosianin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Apel, karena mengandung quercetin yang termasuk dalam senyawa antioksidan.

Selain tersebut di atas, hampir semua buah-buahan dan sayur-sayuran seperti mangga, kiwi, jambu biji, belimbing, alpukat, tomat, kubis, kurma, belimbing wuluh, wortel dan sebagainya merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kita konsumsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk, Buang Racun Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini"

Post a Comment

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!