Artis, Jangan Cuma Pamer Tampang, Otak Juga Harus Diasah, Contohlah 5 Sosok Ini!

Jika saya menulis soal artis, bukan berarti saya terlalu ngefans mereka. Masa-masa mengidolakan artis sudah lama berlalu. Saat remaja, saya ngefans artis sampai menjadikan mereka sebagai teladan. Eh, ternyata justru banyak kecewa, sebab memang saya yang salah, menjadikan sosok yang kadang masih labil sebagai contoh.

Saya menulis tentang artis, sebab mereka adalah public figure yang semestinya harus membenahi diri, agar bisa memberikan inspirasi kepada para penggemarnya. Ya, syukur-syukur mereka mau membaca tulisan ini dan tergugah.

Tak banyak artis yang mau serius menempuh pendidikan tinggi, terlebih sampai jenjang master atau doktor. Sekadar bisa lulus S1 saja, dengan alasan kesibukan syuting atau pentas, sering membuat sebagian artis tak mampu melewatinya. Ada pula yang beranggapan, untuk apa susah-susah kuliah, sedangkan tanpa itu saja mereka telah mendapatkan penghasilan besar.

Namun, kelima artis di bawah ini, ternyata memiliki pemikiran berbeda. Karir keartisan dan jadwal tampil yang padat, ternyata tidak menghambat cita-cita mereka untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Walhasil, selain cantik dan mahir berolah-seni, mereka juga masuk dalam barisan kalangan intelek. Siapa saja mereka?

Dian Sastrowardoyo
Artis yang melejit lewat film AADC #1, Pasir Berbisik, AADC #2 dan Kartini ini dikenal sebagai artis jelita yang cerdas dan kritis. Setelah menyelesaikan strata satunya di jurusan Filsafat, FIB, Universitas Indonesia, Dian melanjutkan studinya di jurusan Magister Manajemen universitas yang sama.

Menurut salah seorang dosennya, Prof. Rhenald Kasali, dalam artikelnya yang dimuat di Kompas (3/11/2014), meski saat itu sedang hamil dan juga memiliki jadwal sangat padat, Dian sangat disiplin dan tidak pernah mengabaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Dian pun lulus dengan predikat cum laude. Dian memiliki mental kejuangan, begitu tulis Rhenald Kasali, yang menurut James Heckman disebut sebagai kemampuan non kognisi.

Gita Gutawa
Aluna Sagita Gutawa, atau yang dikenal dengan Gita Gutawa, masih sangat muda. Genap 24 tahun pada 11 Agustus nanti. Namun, setahun yang lalu, ternyata dia sudah menggondol titel master dari London School of Economics and Political Science, Inggris. Tak tanggung-tanggung, seperti dikutip dari Liputan6.com (18/12/2015), gelar master tersebut hanya dia peroleh dalam waktu satu tahun.

Sebelumnya, Gita juga lulus S1 dari salah satu kampus ternama di Inggris, tepatnya University of Birmingham. Selain jenius di bidang musik, di mana dia mendapatkan berbagai penghargaan—salah satunya penghargaan di International Nile Child Song Festival 2008, Gita juga dikenal berotak brilian.

Alyssa Subandono
Istri dari Dude Herlino, yang wajahnya tak asing lagi dari publik Indonesia ini juga punya prestasi tak kalah hebat. Di sela-sela jadwal syuting yang sangat padat, Alyssa masih sempat mengambil kuliah di program pascasarjana Corporate Communication di London School of Public Relation. Sebagaimana dikutip dari TABLOIDBINTANG.COM (11/12/2013), Alyssa menyelesaikan program masternya hanya dalam waktu 1,5 tahun, dengan status lulusan terbaik. Kecerdasan Alyssa memang terlihat menonjol. Dia menyelesaikan strata satu di Monash University, Melbourne Australia.

Marissa Haque
Usia Marissa Haque sudah 54 tahu, sudah tak muda lagi. Namun, di zamannya dahulu, beliau merupakan salah satu artis papan atas di negeri ini. Berbagai film telah beliau bintangi, dan berbagai penghargaan telah dikoleksi. Tak cukup berkecimpun di dunia seni, Marissa juga menjajal dunia politik, dan pernah menjadi anggota dewan, bahkan juga mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Banten. Marissa memiliki sejumlah titel pascasarjana, di antaranya Magister in Humaniora (M.Hum) dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya, MBA dari Universitas Gadjah Mada, dan Doktor dari IPB, Bogor (tempo.co, 17/1/2012).

Dessy Ratnasari
Tahun 90-an hingga awal 2000-an, siapa tak mengenal artis cantik yang multitalenta ini? Selain sukses di film, presenter, dan sinetron, Dessy juga pernah  menelurkan beberapa album yang meledak di pasaran, di antaranya Tenda Biru dan Sampai Hati. Dessy juga pernah menjajal karir di dunia politik, dan saat ini duduk di Senayan sebagai anggota DPR RI dari fraksi PAN, untuk daerah pemilihan Jawa Barat IV.

Basik pendidikan Dessy adalah psikologi. Dia lulus S1 Psikologi, dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, kemudian melanjutkan di S2, Psikologi Terapan, Universitas Indonesia, dan juga Magister Profesi Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Jadi, siapa bilang menjadi artis tidak perlu terus belajar? Kecantikan pasti akan pudar seiring dengan usia, tetapi, pendidikan yang cemerlang, akan terus berguna sampai kapan pun juga.

1 Response to "Artis, Jangan Cuma Pamer Tampang, Otak Juga Harus Diasah, Contohlah 5 Sosok Ini!"

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner