Suka Daging Kambing? Inilah 5 Resep Favorit Masakan yang Wajib Dicoba!

Nasi kebuli Mbah Soleh
Sebenarnya asam urat saya sedang agak naik. Ceritanya, pas check up untuk persiapan ke Tanah Suci, ketahuan bahwa asam urat saya 6,9. Untuk perempuan, normalnya asam urat di bawah angka 6. Pantesan badan saya terasa pegal-pegal. Dan pergelangan tangan kiri terasa nyeri, seperti bengkak.

Nah, tahu kan, daging kambing memiliki kandungan purin yang tinggi, sementara hasil metabolisme purin adalah asam urat itu. Jika asam urat terlalu banyak, ginjal tidak mampu mengeluarkannya, dan asam urat akan menumpuk di persendian, menimbulkan penyakit yang sering disebut arthritis gout. Bagaimana rasanya? Coba aja sendiri! Lho, kok? Hehe…

Ya meski sedang terlarang makan daging kambing, tak mengapa kan menulis soal resep daging kambing? Kan bisa kita masakkan untuk orang lain, sang suami tercinta misalnya. Nah, kalau kepengin, comot dikit deh… Awas, sedikiiit saja, jangan banyak-banyak! Kecuali kalau habis ini asam urat saya kembali normal.

Sejumlah kalangan sering merasa kurang sreg dengan daging kambing, alasannya baunya tidak enak. Prengus, kata orang Jawa. Ada pula yang mengatakan bahwa daging kambing berbahaya untuk kesehatan. Faktanya, kambing memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan baik untuk dikonsumsi, kecuali ya... kalau sedang kena asam urat itu. Atau, juga kalau dompet sedang tipis, sebab harga daging kambing cukup mahal, hahah...

Dilansir dari sarihusada.co.id (12/9/2017), daging kambing kaya dengan protein, yakni pada 100 gram daging terdapat 27 gram protein dan hanya 3 gram lemak. Daging kambing juga mengandung zat besi yang cukup banyak, yakni dalam 100 gram daging kambing, sebesar 26% kebutuhan zat besi harian manusia terpenuhi.

Sedangkan menurut berita dari health.liputan6.com (12/9/2012), daging kambing memiliki sejumlah khasiat, seperti mencegah anemia; jika dikonsumsi ibu hamil bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi; mengurangi nyeri haid; dan daging kambing juga mengandung selenium dan kolin yang bisa mencegah kanker.

Jadi, tak perlu takut untuk mengonsumsi daging kambing. Kuncinya, tidak berlebihan! Apapun jika berlebihan, tentu tidak baik.

Berikut ini adalah 5 resep favorit masakan dengan bahan daging kambing.

Sate
Foto: sidomi.com
Sate merupakan masakan favorit saya. Cukup mudah membuat sate kambing. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1.     Ambil 500 daging, bersihkan, potong kecil-kecil berbentuk dadu dengan sisi masing-masing sekitar 1 cm, tusuk dengan tusuk sate, yang biasanya banyak dijual di pasar-pasar menjelang Idul Adha.

2.     Siapkan bumbu-bumbu berupa 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, satu sendok makan ketumbar, satu sendok makan merica dan garam. Jika ingin lebih gurih, siapkan pula 5 butir kemiri. Haluskan bumbu tersebut, lalu ambil separuh, dan lumurkan pada sate yang masih mentah di atas. Endapkan sekitar seperempat jam agar meresap.

3.     Bakarlah sate hingga setengah matang di atas pembakaran sate. Jangan lupa dibolak-balik supaya merata. Lalu lumurkan kembali dengan sisa bumbu yang ada. Dan bakar lagi hingga matang. Untuk menjaga agar daging benar-benar terbebas dari kuman, saya anjurkan untuk membakar hingga matang.

4.     Siapkan irisan bawang merah, cabe (jika suka pedas), dan kecap secukupnya dan siramkan ke sate yang sudah matang. Bisa juga ditambah irisan kubis.

Gule
Gule juga banyak diminati oleh masyarakat. Jeroan merupakan bagian yang biasa dimasak dalam bentuk gule. Tetapi, daging juga bisa dimasak sebagai gule. Awas, yang bermasalah dengan kolesterol jahat atau asam urat, sebaiknya jangan coba, meski rasanya sungguh menggoda.

Berikut ini resep membuat gule yang saya peroleh saat belajar memasak dari ibu dan sejumlah sesepuh.

1.     Siapkan 500 gram jeroan atau daging kambing atau kombinasi, bersihkan, potong-potong kecil.

2.     Siapkan bumbu berupa 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, kapulaga secukupnya, kayu manis secukupnya, 3 butir kemiri, satu ruas jahe, satu ruas kunyit, 3 buah cabe (jika ingin pedas bisa ditambah), garam secukupnya. Haluskan bumbu tersebut.

3.     Tumis bumbu halus hingga berbau wangi. Lalu masukkan sekitar satu liter (4 gelas) santan.

4.     Masukkan jeroan kambing, penyedap (jika menginginkan), 3 lembar daun salam, lengkuas, sereh yang sudah dimemarkan. Masak hingga empuk. Gula jawa diberikan ketika daging sudah mulai empuk.

Tengkleng
Memasang tengkleng hampir sama dengan gule. Bedanya, tengkleng dibuat dari tulang-tulang yang masih menyisakan sedikit daging. Bagian kepala dan kaki merupakan bagian yang lezat untuk dibikin tengkleng. Biar mantap, tebari di atas tengkleng cabe rawit utuh.

Tongseng
Foto: bintang.com

Cara memasang tongseng adalah sebagai berikut.
1.       Siapkan 500 gram daging kambing, bersihkan, iris kecil-kecil.
2.       Siapkan bumbu terdiri dari 5 siung bawang putih, satu sendok teh merica, 5 buah cabe rawit (jika ingin lebih pedas, bisa ditambah), garam secukupnya, haluskan.
3.       Tumis bumbu halus hingga berbau wangi, masukkan air sekitar satu gelas, dan lengkuas yang sudah dimemarkan.
4.       Masukkan daging, dan masak hingga matang. Tambahkan kecap secukupnya.

Nasi Kebuli

Nasi kebuli juga merupakan hidangan favorit berbahan dasar daging kambing. Berikut ini cara memasaknya.
1.     Siapkan bahan-bahan berupa 500 gram daging kambing; sekitar 250 gram tulang iga kambing; 1 kg beras yang pulen; santan dari 1,5 butir kelapa, atau sekitar 3 gelas (750 cc); air secukupnya.
2.     Siapkan bumbu halus berupa 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, sebutir pala, 1 sendok makan ketumbar, satu sendok merica (atau sesesuai selera), 2 ruas jahe, 5 butir kapulaga, garam secukupnya, haluskan.
3.     Siapkan bumbu lain berupa 2 batang kayu manis, 2 batang sereh memarkan, 5 butir cengkeh, 5 bunga lawang.
4.    Rebuslah daging kambing dan tulang iga dengan empuk, pisahkan daging kambing dengan kaldunya.
5.    Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan kaldu dan santan, serta bumbu lainnya.
6.     Masukan beras yang sudah dicuci ke rice cooker, tuangkan santan, kaldu dan bumbu yang sudah dimasak ke rice cooker, tambahkan air secukupnya jika perlu. Masak hingga matang.
7.     Goreng kambing dan iga yang sudah direbus dengan menambahkan ketumbar halus dan garam secukupnya sebagai bumbu.

Selamat mencoba!


0 Response to "Suka Daging Kambing? Inilah 5 Resep Favorit Masakan yang Wajib Dicoba!"

Post a Comment

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner