Terbukti, Lho! 5 Tips Sederhana dan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Banyak di antara kita merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang mulai terasa berat karena berlebih berat badan. Secara alamiah, ketika seorang perempuan sudah melahirkan beberapa kali, biasanya memang sulit untuk kembali ke postur tubuh selangsing masa mudanya. Demikian juga kaum laki-laki. Ketika usia beranjak matang, biasanya banyak cadangan lemak yang bertumpuk, menimbulkan kegemukan.

Sebagaimana dilansir dari kompas.com (13/10/2016), ketika usia seseorang semakin tua, metabolisme tubuh menjadi kian melambat, inilah salah satu sebab mengapa semakin tua, manusia biasanya semakin gemuk. Hal ini ditambah dengan pola makan dan pola hidup yang juga memburuk. Misal, karena sudah mapan secara ekonomi, manusia cenderung lebih suka makanan lezat berlemak yang harganya lebih mahal. Demikian juga, usia semakin matang biasanya kegiatan semakin banyak, sehingga jarang olahraga.

Pada orang yang sudah mulai menua, sebagaimana dilansir dari okezone.com (16/4/2017), lemak disimpan salah satunya di bagian perut sebagai lemak viseral. Lemak ini sebenarnya digunakan untuk melindungi organ-organ penting, akan tetapi jika berlebih, bisa berbahaya.

Jangan khawatir, asal pola hidup yang buruk itu tidak dilanjutkan, masih ada kemungkinan postur tubuh kita menjadi langsing seperti semula. Perut buncit karena berlebih lemak viseral sangat mungkin terbakar jika kita melakukan beberapa aktivitas sederhana ini dalam rutinitas sehari-hari.

Pertama, Mengonsumsi Serat yang Larut Air  dan Protein Tinggi
Menurut situs healthline.com (11/7/2016), mengonsumsi makanan dengan kandungan soluble fiber (serat larut air) seperti kubis, alpukat, kacang polong, atau blackberry merupakan cara efektif untuk mengecilkan perut kita. Menurut situs tersebut pula, mengonsumsi protein tinggi juga sangat bagus, sebab protein merupakan nutrisi yang sangat penting dalam mengontrol berat badan. Asupan protein tinggi bisa melepaskan hormon yang  berfungsi menurunkan nafsu makan, dan membuat tubuh terasa cepat kenyang. 

Kedua, Lakukan Olahraga Khusus 
Olahraga yang khusus membakar lemak perut di antaranya adalah sit up, yaitu adalah gerakan bangun dari tidur dengan kedua tangan tertekuk di belakang kepala. Saat kita bangun, gerakan bertumpu pada daerah sekitar panggul dan perut. Menurut sfidn.com (3/8/2017), sit up secara rutin akan mampu memperkuat dan mengencangkan otot-otot perut dan juga membakar lemak yang tertumpuk di sana. Lakukan sit up sehari 20 kali atau lebih, khususnya ketika baru posisi bangun tidur.

Selain sit up, kita juga bisa melakukan gerakan tidur menelungkup. Lalu angkat tubuh melengkung ke atas dengan bertumpu pada kedua tangan dan lutut. Lakukan sekitar beberapa menit sehari secara rutin.

Ketiga, Kurangi Konsumsi Karbohidrat, Khususnya Gula
Karbohidrat merupakan sumber kalori utama untuk kita. Karbohidrat akan dibakar pertama kali, lalu dikonversi jadi energi yang dipakai dalam aktivitas keseharian kita. Akan tetapi, jika karbohidrat berlebih, menurut situs fitness.stackexchange.com (16/5/2011), kelebihan kalori akan disimpan sebagai energi cadangan dalam bentuk lemak, termasuk juga lemak perut. 

Keempat, Jangan Pertahankan Pola Mager (Malas Gerak)
Mager alias malas gerak (sedentary lifestyle) benar-benar akan membunuh kita. Berbagai penyakit berat akan menyerang kita jika kita mempertahankan pola ini. Lakukan lebih banyak gerak seperti bersepeda, jalan kaki atau berenang. Pilihlah tangga dibanding lift, dan simpanlah sepeda motor atau mobil jika Anda hanya ingin berjalan sekitar seratus dua ratus meter.

Kelimat, Konsumsilah Perasan Jeruk Nipis Secara Rutin
Perasan jeruk nipis bisa kita campur ke air minum kita, dan konsumsilah secara rutin setiap hari. Awas, jangan diberi gula. Kandungan zat-zat penting pada jeruk nipis akan merontokkan lemak yang menumpuk di perut kita. 

Itulah beberapa aktivitas yang jika diterapkan akan membantu mengempiskan perut buncit kita. Selamat mencoba!

0 Response to "Terbukti, Lho! 5 Tips Sederhana dan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit"

Post a Comment

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner