Kulit Jilbaber Belang Karena Matahari? Inilah 5 Trik Ampuh Mengatasinya

Masalah yang kerap menimpa para jilbaber adalah keluhan tentang belang yang timbul pada wajah. Tak usah jauh-jauh ya, dulu saya juga pernah mengalami problem begitu. Bagian luar terlihat lebih gelap dari dalam. 

Kulit wajah yang tertutup hijab biasanya memang lebih putih dari bagian yang terbuka. Ini menyebabkan saat hijab dibuka di rumah misalnya, kulit muka menjadi terlihat belang. Memangnya salah kalau belang?

Ya, tidak salah sih, tetapi kan jadi kurang nyaman dilihat. Penampilan memang bukan segalanya, tetapi, penampilan yang menarik, akan membuat orang tertarik, nah lho... Asal jangan terjengkang aja karena daya tarik yang terlalu kuat.

Sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com (21/04/2015), paparan sinar matahari yang mengenai tubuh manusia akan berpengaruh terhadap lapisan epidermis kulit. Jika terus belanjut, paparan sinar matahari bisa membakar kulit lebih lama. Inilah yang membuat kulit menjadi lebih gelap, dan kadang juga timbul kerutan dan noda gelap.

Solusinya, tentu bukan menanggalkan jilbab, sebab ini masalah keyakinan bagi umat Islam. Terlebih, kalaupun tidak berjilbab, masalah juga tidak hilang sepenuhnya. Bukan belang, tapi gelap total. Hehe. Kecuali jika kita sama sekali tidak pernah terkena sengatan matahari, dan itu sesuatu yang tidak mungkin, bukan?

Ada beberapa trik yang bisa kita jalani untuk meminimalisir belang yang terjadi.

1. Jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Berjemur di waktu pagi, tentu bagus, sebab sinar matahari di waktu pagi akan membantu memperkuat tulang. Namun terik matahari yang ganas, justru berbahaya. Jika terpaksa harus keluar di bawah panas matahari, pakailah payung, topi, atau masker penutup muka.

2. Pakailah tabir surya (sun block) saat hendak beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Beberapa perusahaan kosmetika terkemuka, sudah mengeluarkan produk sunblock yang aman dipakai.

3. Penggunakan masker dari bahan alami akan membuat wajah lebih cerah dan mengelupas lapisan kulit mati yang menumpuk di bagian epidermis kulit terluar. Kita bisa membuat sendiri masker dari 3 sendok makan tepung maizena, ditambah satu sendok makan madu dan satu sendok susu cair. Campur hingga rata bahan-bahan tersebut, lalu balurkan pada bagian wajah yang gelap. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan seminggu sekali secara rutin. Lama-lama, kulit belang kita akan berkurang, karena bagian yang gelap akan semakin cerah.

4. Jeruk nipis juga mampu mencerahkan wajah, karena akan menghilangkan kotoran yang bersifat non polar seperti minyak. Ambilah sebutir jeruk nipis, peraslah dan campur dengan madu dan jika ada alpukat. Oleskan ke wajah secara rutin setiap pagi, biarkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin. 

5. Putih telur juga merupakan bahan yang baik untuk memulihkan bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Menurut berita yang dikutip dari kompas.com (20/5/2012), putih telur merupakan bahan penyebab kontraksi pada jaringan tubuh yang mengandung protein. Putih telur juga baik untuk biological mask dalam rangka pembersihan secara mendalam (depth cleansing), khususnya untuk mengangkat sel-sel tanduk yang sudah mati. Ambilah putih telur dan campurkan dengan ketimun yang sudah dihaluskan, lalu balurkan di bagian wajah yang gelap selama sekitar 15-20 menit, dan bilas hingga bersih. Lakukan dengan rutin seminggu sekali.

Demikianlah beberapa cara yang bisa digunakan agar kulit wajah para hijabers tidak belang, alias putih di dalam, gelap di bagian yang terbuka, karena pastinya akan mengurangi penampilan kita. Selamat mencoba!

0 Response to "Kulit Jilbaber Belang Karena Matahari? Inilah 5 Trik Ampuh Mengatasinya"

Post a Comment

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

banner