8 Fakta Unik Tentang Sandiaga Uno yang Jarang Diketahui Masyarakat, Mau Tahu?


Pada bulan Agustus 2018 kemarin, Prabowo membuat kejutan dengan menggandeng tokoh muda Sandiaga Uno sebagai cawapresnya. Ya, memang kejutan, buktinya saya juga terkejut, hehe. Sama sekali tak terduga bahwa justru Wagub DKI Jakarta ini yang menjadi pendamping Pak Prabowo maju ke area pertarungan RI 1 dan RI 2. Maka, resmi sudah pasangan Prabowo-Sandi bertarung melawan petahana Jokowi, yang menggandeng capres KH Ma'ruf Amin di Pilpres tahun 2019 kelak.

Reaksi masyarakat beragam, ada yang kaget, karena nama Sandiaga memang sangat jarang disebut-sebut sebelumnya. Ada yang apatis sekaligus kecewa, mengingat Sandiaga sebenarnya baru saja menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta setelah bersama Anies Baswedan berhasil memenangkan Pilkada Jakarta 2017.

Namun, tak kurang-kurang juga yang merasa bergembira, karena sosok Sandiaga yang muda, ganteng dan juga karismatik, serasa mewakili sosok muda milenial yang tak terdapat pada calon-calon yang lain.

Tentu sah-sah saja melakukan penilaian terhadap sosok Sandi. Mau senang, kecewa, sebal, atau merasa lucu, itu hak masing-masing yang tak boleh dilarang. Akan tetapi, beberapa fakta tentang Sandiaga Uno ini mungkin layak Anda ketahui, sebagai bahan pertimbangan untuk memahami, siapa sih Sandiaga Uno yang sebenarnya.

Fakta 1, lulus dari George Washington University, Amerika Serikat dengan nilai summa cum laude alias IPK 4,0. Sandiaga memang dikenal sebagai sosok yang brilian. Sandiaga meraih IPK 4,0 alias sempurna saat menyelelesaikan program Master of Business Administration di George Washington University. Selain itu, saat S1 di Wichita State University, Sandi juga lulusan terbaik dengan predikat summa cum laude.

Fakta 2, termasuk dalam 100 orang terkaya di Indonesia. Menurut Globe Asia, sebagaimana dikutip dari liputan6.com (9/8/2018), Sandiaga Uno menduduki posisi sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 2018 dengan total kekayaan sekitar USD 300 juta atau sekitar 4,5 trilyun rupiah. Sedangkan menurut Forbes, Sandi merupakan orang terkaya nomor 37 di Indonesia. Uniknya, kekayaan itu dia peroleh dalam usia yang masih relatif muda. Sandi lahir pada 28 Juni 1969, sehingga saat ini masih berusia 49 tahun.

Fakta 3, Sandiaga pernah bekerja di perusahaan minyak raksasa milik Kanada, yaitu NTI Resources dengan posisi sangat mentereng, yaitu direktur keuangan. Hebatnya, saat itu Sandi baru berusia 26 tahun! Namun, menurut finance.detik.com (9/8/2018), Sandi kemudian mengundurkan diri, pulang ke Indonesia dan membangun sendiri bisnisnya.

Fakta 4, Sandiaga Uno merupakan pengusaha sukses yang memiliki beberapa perusahaan besar. Dilansir dari tribunnews.com (22/8/2018), beberapa perusahaan Sandi di antaranya PT Saratoga Investama Sedaya. Saratoga juga melakukan investasi di berbagai perusaan seperti PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Agro Maju Jaya dan Finders Resources Limited, Merdeka Copper Gold dan sebagainya. Dilansir dari poskotanews.com (4/3/2016), Sandiaga sempat memiliki karyawan sebesar 50.000 orang.

Fakta 5, pernah merasakan pahitnya PHK. Meski telah menjadi pengusaha sukses, Sandi juga pernah menjadi karyawan dan mengalami PHK, yakni pada saat krisis keuangan yang terjadi pada tahun 1998. Meski sempat menganggur, Sandi tak putus asa. Dia bahkan akhirnya berhasil membangun gurita bisnis dan menjadi salah satu orang terkaya di negeri ini.

Fakta 6, dikutip dari idntimes.com (22/3/2018), Sandiaga pernah tampil sebagai cover boy di majalah remaja saat muda. Tampang Sandi yang keren, memang tak kalah jika dibandingkan dengan artis. Karena itu, setiap kunjungan, banyak sekali emak-emak yang berebutan mengajak selfie, hehe. Tapi, semoga bukan sekadar karena tampang keren, ya?

Fakta 7, jago olahraga dan memiliki fisik yang sangat bugar. Sandi nyaris "sempurna" karena selain ganteng, pintar, kaya, ternyata juga sangat kuat. Sandi suka main basket sejak muda hingga saat ini. Sandi juga jago berlari, termasuk lari maraton; juga jago berenang. Pada 28 Februari 2018 kemarin, sebagaimana dikutip dari liputan6.com (10/8/2018), Sandi sukses melintasi Danau Saunter sejauh 1 kilometer, juga pernah mengikui half marathon sejauh 21 km.

Fakta 8, hebatnya, meski telah memiliki "segalanya" Sandiaga tak lupa dengan Tuhan. Menurut viva.co.id (11/8/2018), Sandi sangat rajin puasa sunnah senin dan kamis, shalat dhuha dan shalat tahajud.

Wah, benar-benar lengkap, ya, profil Sandi. Lepas dari suka atau tidak suka, memilih atau tidak memilih, tentunya kita harus jujur bahwa Sandi itu sosok yang luar biasa, bukan?

Kalaupun tidak terpilih sebagai cawapres, semoga Sandi tetap mau berkhidmat alias berbakti untuk Indonesia tercinta, lewat bidang apapun.



Belum ada Komentar untuk "8 Fakta Unik Tentang Sandiaga Uno yang Jarang Diketahui Masyarakat, Mau Tahu?"

Posting Komentar

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

banner

Iklan Bawah Artikel