PROFIL

PROFIL AFIFAH AFRA



Afifah Afra, adalah nama pena saya, kalau pemberian orang tua adalah Yeni Mulati Sucipto. Mulati berasal dari kata maulud, namun kalau dalam bahasa Jawa berarti mulat, alias pintar dalam berbicara/berbahasa. Mungkin sejak dulu Bapak mengharapkan bahwa saya akan menjadi salah seseorang yang beraktivitas tak jauh-jauh dari olah kata.

Jika saya memakai nama pena, bukan berarti saya tidak menghargai nama pemberian orang tua. Saya hanya ingin memiliki 'privasi' tersendiri, karena bagaimanapun, ketika ketika menulis untuk buku-buku populer, pasti nama kita akan juga populer. Tetapi berbeda dengan artis, wajah penulis tentu tidak akan dikenal, kecuali jika dijadikan cover bukunya (hehe).  Dan untuk soal cover dengan foto, tampaknya saya cukup tahu diri bahwa tampang saya kurang komersil :-D


Nama pena saya, awalnya Afifah Afra Amatullah, tetapi karena terlalu panjang, akhirnya kata yang terakhir jarang dipakai. Saya yang kalau dalam dunia kepenulisan dipanggil Afra, sehari-hari dipanggil Yeni, Bu Ahmad atau Ummi Anis, lahir di Purbalingga, 18 Februari 1979. Kedua orangtua saya yang hebat, bernama Bapak Sutjipto dan Ibu Sri Wartuti. Sepasang suami istri yang sederhana, namun berpikiran jauh ke depan. Menjadi anak mereka, sungguh merupakan anugerah terindah buat saya. 

Saya menghabiskan masa kecil hingga lulus SMA di kabupaten yang terletak di lereng Gunung Slamet itu sebagai remaja yang idealis, ceria, penuh cita-cita sekaligus seabrek  aktivitas yang beberapa menghasilkan prestasi.

Sebagai remaja, pemikiran saya mungkin telah melampaui usianya. Di saat remaja-remaja lain lebih menyenangi dunia remaja yang penuh warna, saya telah memenuhi ruang memori dengan bacaan-bacaan yang berat—sains, sejarah, sosial budaya, religi maupun politik. Saya memang penggemar buku sejak kecil. Membaca adalah bagian yang cukup penting dalam kehidupan saya. Bahkan, membaca telah menjadi semacam kebutuhan pokok, layaknya makan dan minum.

Ketika diterima sebagai mahasiswa tanpa tes di jurusan Biologi, F.MIPA Undip tahun 1997, saya bersentuhan dengan warna lain. Saya cukup menikmati kuliah di sana, meskipun sejatinya saya tak terlampau cocok dengan jurusan tersebut. Saya lebih menyenangi ilmu-ilmu sosial, dan mungkin akan lebih cocok jika kuliah di fakultas sastra, hukum atau sosial-politik. Akan tetapi, ‘warna lain’ itu mungkin lebih dominan dan lebih mampu mengarahkan jalan hidup saya dibanding sekadar celupan keilmuan di bangku kuliah. Warna lain itu adalah nilai-nilai ideologi keislaman yang moderat, dan berprinsip pada syumuliatul Islam. Celupan itu membuat saya mantap untuk mendedikasikan hidupnya sebagai seorang da’iyah. Nahnu du’at qobla kulli syaiin, begitu prinsip saya. Kami adalah da’i sebelum segala sesuatu.
Maka, saya pun mantap bergabung di gerakan sastra dakwah yang diusung oleh Forum Lingkar Pena (FLP). Saya bergabung dalam organisasi yang didirikan Helvy Tiana Rosa dkk. itu sejak 1999. Pernah menjabat sebagai Ketua FLP Cabang Semarang, lalu Ketua FLP Wilayah Jawa Tengah, dan sekarang diamanahi sebagai Sekjen Badan Pengurus Pusat FLP (2013-2017).

Aktivitas keseharian saya pun tak jauh dari dunia literasi. Saat ini, saya bekerja sebagai CEO PT Indiva Media Kreasi, sekaligus owner dari www.tokobukuafra.com

Saya menikah pada 2003 dengan dr. Ahmad Suprianto dan dikaruniai 3 putera: Anis (9th), Rama (7th), dan Ifan (3 th).

Teman-teman bisa melakukan kontak via:

Email      
afifahafra@yahoo.com 

Twitter  
@afifahafra79

Facebook   
PEMBACA AFIFAH AFRA

Daftar Karya (Buku)

  1. Genderuwo Terpasung (kumcer), Asy-Syaamil, Bandung, 2000
  2. Bulan Mati di Javasche Oranje (novel), Era Intermedia, Solo, 2001
  3. Kembang Luruh di Rimbun Jati (novel), Asy-Syaamil, Bandung, 2001
  4. Syahid Samurai (novel), Era Intermedia, Solo, 2002
  5. Peluru di Matamu (novel), Era Intermedia, 2003
  6. Elang 1: 100 Bunga Mawar untuk Mr. Valentine (novel), Era Intermedia, Solo, 2002
  7. Elang 2: Elang Selebritis (novel), Era Intermedia, Solo, 2002
  8. Elang 3: Cinta Gaya Britney (novel), Era Intermedia, Solo, 2003
  9. Marabunta 1: Topan Marabunta (novel), Gema Insani, Jakarta, 2002
  10. Marabunta 2: Kudeta Sang Marabunt (novel), Gema Insani, Jakarta, 2003
  11. Marabunta 3: Bunga-Bunga Biru (novel), Gema Insani, Jakarta, 2003
  12. Marabunta 4: Ode Untuk Cinta (novel), Gema Insani, Jakarta 2003
  13. Jangan Panggil Aku Josephine (novel), Era Intermedia, Solo 2003
  14. Cinta Itu Indah, Fren (novel), Era Intermedia, Solo, 2004
  15. The Most Wanted (kumcer), Zikrul Hakim, Jakarta, 2003
  16. Simfoni Bunga Rumput (novel), FBA, Jakarta, 2004
  17. Mawar-Mawar Adzkiya (kumcer), Mizan, Bandung, 2003
  18. Tersentuh Ilalang (novel), Mizan, Bandung, 2003
  19. Tarian Ilalang (novel), Mizan, Bandung, 2004
  20. Cinta Ilalang (novel), Mizan, Bandung, 2005
  21. Rabithah Cinta (novel), Mizan, Bandung, 2006
  22. Cinta Adinda (novel), Mizan, Bandung, 2006 (diterjemahkan dalam bahasa Malaysia dengan judul ‘Kasih Adinda’ oleh Pelangi Books)
  23. Terpinang Cinta (novel), Lingkar Pena Publishing House, Depok, 2005
  24. Smile Up, Guys! (non fiksi), MVM, Solo, 2004
  25. Jadilah Si Penebar Cinta (non fiksi), MVM, Solo, 2004
  26. Hati-Hati Nonton AFI (non fiksi), MVM, Solo, 2004
  27. The Winner is … (non fiksi), Gema Insani, Jakarta, 2005
  28. Optimis, Dong Guys! (non fiksi), Gema Insani, Jakarta, 2005
  29. Serial Icang: Jalan Menuju Bangkok (novel), Asy-Syaamil, Bandung, 2005
  30. Teman Tapi Mesra (non fiksi), Afra Publishing, Solo, 2005
  31. Gals, PD-mu Masih Memble? (non fiksi), Afra Publishing, Solo, 2005
  32. Cinta Apa Nafsu? (non fiksi), Afra Publishing, Solo, 2006
  33. Nikah Itu Tak Mudah (non fiksi), Afra Publishing, Solo, 2006
  34. Bisik-Bisik Seks (non fiksi), Afra Publishing, Solo, 2006 (ditulis bersama dr. Ahmad Supriyanto)
  35. Mengukir Cinta di Lembar Putih, Afra Publishing, Solo, 2006 (ditulis bersama dr. Ahmad Supriyanto)
  36. How Tobe A Smart Writer (non fiksi), Indiva, Solo, 2006
  37. Look, I’m Very Beautiful (non fiksi), Indiva, Solo, 2007
  38. Datang, Serang, Menang (non fiksi), Indiva, Solo, 2007
  39. And The Star is Me (non fiksi), Indiva, Solo, 2007
  40. Jangan Jadi Perempuan Cengeng (non fiksi), Indiva, Solo, 2007 (ditulis bersama Pipiet Senja, Izzatul Jannah, dkk.)
  41. Awas Kesetrum Cinta (non fiksi), Indiva, Solo, 2007 (ditulis bersama Deasilawati P, dkk.)
  42. De Winst (novel), Indiva, Solo, 2008
  43. Panduan Amal Wanita Shalihah (non fiksi), Indiva, Solo, 2008
  44. Katastrofa Cinta (novel), Lingkar Pena Publishing House, Depok, 2008
  45. De Liefde (novel), Indiva, Solo, 2010
  46. Buanglah Pacar Pada Tempatnya! (non fiksi), Gizone Books, Solo, 2010 (ditulis bersama Aries Adenata dan Asri Istiqomah), Direpublish oleh Indiva, 2013.
  47. Princess Diva (novel), Indiva, Solo, 2011
  48. Jejak Merapi di Beningnya Hati (non fiksi), PKPU Pusat, Jakarta, 2011
  49. Pangeran yang Baik Hati (fiksi anak), Lintang Indiva, Solo, 2011 (ditulis bersama Keen Achroni & Saptorini)
  50. Be A Brilliant Writer (non fiksi), Gizone Books, Solo, 2011
  51. Ya Aku Bisa! Jadi Juara Sepanjang Masa (Non Fiksi), Indiva, Solo, 2012
  52. Da Conspiracao (Novel), Indiva, Solo, 2012
  53. Kecil-Kecil Jago Nulis, Panduan Menulis Untuk Anak (Ditulis Bersama Nurhayati P dan Deasylawati), Indiva 2013
  54. Kesturi dan Kepodang Kuning (Novel), Elex Media Komputindo, 2013
  55. Mei Hwa dan Sang Pelintas Zaman (Novel), Indiva, Solo, 2014
Selain buku, cerpen-cerpen, artikel/opini dan puisi juga dimuat di berbagai media seperti Anita Cemerlang, Karima, Gizone, Nur Hidayah, Hadila, Annida, Ummi, Sabili, Solopos, Joglosemar, Republika dan sebagainya.

77 comments:

  1. Assalamualaikum wr. wb
    Senang mengenal Anda di Blog ini, beberapa bulan yg lalu saya juga link blognya....
    Semoga bisa menjalin silaturrahmi dan apa yang kita kerjakan bisa lebih bermanfaat buat sesama...

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam wr.wb.
    Terimakasih kunjungannya... dan amin doanya

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alkum...
    Halo mba...qu penasaran dgn tempat kelahiran mba neh Purbalingga, krn qu jg asal PBG...kalo boleh tahu PBG mana???
    SMA di PBG jg??SMA mana???
    Kalo qu dari SMA 1 PBG dan seingatku gak ada teman yg namanya Yeni Mulati...oh ya kalo masuk UNDIP thn 1997 kita kan satu angkatan
    hehehe....
    Qu tunggu balesannya ya...biar gak penasaran lagi..
    Wassalam...

    ReplyDelete
  4. @ Anonim: wa'alaikumussalam
    ortu saya di TlahabLor, Kr.Reja, Purbalingga. Saya SMA di SMA N Bobotsari... jurusan apa nih di Undip?

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikm..salam kenal mb afifah,saya tia dari yogya.apakah saya blh meminta biografi mb?saya ingin meneliti ttg salah satu novel mbak afifah dan oleh karena itu saya membutuhkan biografi mb.

    terima kasih

    ReplyDelete
  6. @ Anonim: silahkan form biodatanya dikirim ke afifahafra@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum mbak afra, ana anggota bem ikip pgri madiun, jika ingin mengundang mbak afra untuk bedah buku gmana caranya.terimakasih.

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum.
    mba blognya cukup ramai kelihatannya. saya usul coba dioptimalkan untuk google adsense, kata orang sih lumayan.

    ReplyDelete
  9. @ Margiyanto: caranya bagaimana?

    ReplyDelete
  10. bangga deh ada penulis hebat kelahiran Purbalingga,
    salam kenal

    ReplyDelete
  11. Saya ngileeeer ngeliat daftar karya mbak Afra... Hehehe.. Sukses terus dalam berkarya mbak! :)

    ReplyDelete
  12. @Dreamy: ini hasil dari sebuah proses yang panjang, kok! Suatu saat, dikau juga bisa :-)

    ReplyDelete
  13. Amin Ya Allah.. simpel aja mbak Afra, pengin punya paling nggak satu buku aja seumur hidup! hehehe.. mbak Afra keren banget deh! :)

    ReplyDelete
  14. @Dreamy: sudah pernah bikin skripsi kan? :-)

    ReplyDelete
  15. semoga saya bisa mengikuti jejak kesuksesan Anda sebagai pegiat dunia tulis-menulis. amin

    ReplyDelete
  16. semoga saya bisa seperti anda

    ReplyDelete
  17. @Keday & Anonim: Anda harus lebih baik dari saya! Amiin...

    ReplyDelete
  18. Bapaknya nggak bener tuh. Masa udah nikah sm org lain dan punya anak, nama mantan pacarnya dijadiin nama anaknya? Berarti dikenang-kenang lagi dong? Apa etis tuh dan nggak bikin sakit hati istrinya? Yg bener aja deh.

    ReplyDelete
  19. @anonim: sayang tidak bisa menggugat beliau, karena bapak baru saja meninggal bulan April kemarin T_T

    ReplyDelete
  20. aslm salam kenal mb Afra....
    ane Aan undip semarang
    buku terbaru yg be a brilliant writer kpn rencana terbit mb?
    syukran

    ReplyDelete
  21. @Uda Aan: waalaikumussalam. Salam kenal juga. Buku Be A Brilliant Writer insya Allah akhir pekan ini terbit. Harnya 35.000 bisa dipesan ke 0878 3538 8493

    ReplyDelete
  22. mbk afra ikutan adsense ajah hehe....caranya tinggal daftarin ja n pilih mau yg model gmn

    ReplyDelete
  23. @Endah Rini: ide yang bagus... btw, caranya gimana ya? *gaptek, hehe*

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum
    boleh saya minta sinopsis cinta gaya britney?
    ada tugas nih
    waktu mepet
    tolong bantuannya

    ReplyDelete
  25. mbak novel topan marabunta serial 2 sudah terbit ta....?

    ReplyDelete
  26. semoga saya bisa mengikuti jejak anda :)

    ReplyDelete
  27. Dhany Wijdan Nasrullah29 December 2011 09:58

    Assalamu'alaikum
    kalaw mau beli buku tanpa harus bayar lewat rekening gimna cranya?
    c0z pngen beli banyak buku nich,
    n apa diskon ?
    Terima ksih
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  28. Assalamu'alaikum Bule Afra(eheheh, SKSD dikit boleh ya??)
    aku juga minat banget didunia kepenulisan. Tanpa kuliah atau sebelum kuliah, bisa juga kan terbitin buku yang, yaah setidaknya cukup baik untuk amatir seperti aku. Bisa nggak? Aku mau buat novel, Bule Afra. ^_^
    Oh iya, Afifah Afra itu artinya apa, Bule?
    Jazakillah khoir, syukron katsir sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. @Anesa SP: weh, saya bukan bule, saya Jawa :-) Lha, bisa atau tidak, itu yang pasti bisa jawab ya Anesa. tapi kata Norman Peale: we can if we think we can!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah pura-pura deh, ya itu bahasa Jawa yang artinya "tante", hihiih. Yes, i think i can do it, hopefully. Berarti kuliah atau nggak, nggak terlalu pengaruh ya? oke deh kalo gitu
      Satu pertanyaan belum dijawab tuh, artinya Afifah Afra apa, Bule? (bule lagii bule lagi, heheh)
      syukron

      Delete
  30. Bukan bule, tapi bulik... akronim dari Ibu Cilik (Kecil), artinya juga tidak spesifik tante, krn tante kadang juga dipakai untuk bude (Ibu Gede). Lebih tepatnya Bibi, begitu ^^

    ReplyDelete
  31. bu saya suka sama cerpen mawar-mawar adzkia... pernah dimuat di majalah annida kan?? soalnya nama saya juga adzkia... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu dimuat di Annida. Ada rencana menjadikan cerpen itu sebagai novel anak

      Delete
  32. Mbak afifah... aku seneenngg banget sama bukumu yang trilogi cinta ilalang...3-3 nya masterpiece semua....
    paling keren di dalam cerita itu adalah raditya nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... jadi tambah semangat :-)

      Delete
  33. Assalaamu'alaikum wr.wb. Salam kenal kagem mbak Afifah. Nama sy bu Maya. Begini mbak, anak saya no. 2 (sekarang klas 6 SD) sejak klas 3 senang menulis. Ada beberapa cerpen & puisi yang dibuat. Waktu klas 4 & 5 mengambil ekskul Jurnalistik.Untuk cerpen, beberapa kali ikut lomba tapi belum rizkinya untuk mendapat juara. Anak saya ingin sekali bisa membuat novel,tp krn sekarang klas 6, shg belum sempat untuk menulis. Yang ingin saya tanyakan, apakah beberapa karya cerpennya bisa saya kirim ke FLP untuk bisa mendapat bimbingan agar karyanya bisa diterbitkan. Siapa tahu Insyaaaloh bisa seperti mbak Afifah. Amiin. Kalau bisa, mengirimnya langsung ke FLP atau ke mbak Afifah. Atas bantuan informasi & penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb. Ibu tinggal dimana? Sebaiknya bergabung saja di FLP terdekat, biasanya ada FLP Kids juga.

      Delete
    2. Saya tinggal di Solo, mbak... Terima kasih sarannya.

      Delete
    3. Solo bisa menghubungi ketuanya, mbak Asri Istiqomah. FB-nya Asri Istiqomah Dua, silahkan di add :-)

      Delete
  34. Assalaamu'alaikum wr.wb. Salam kenal kagem mbak Afifah. Nama sy bu Maya. Begini mbak, anak saya no. 2 (sekarang klas 6 SD) sejak klas 3 senang menulis. Ada beberapa cerpen & puisi yang dibuat. Waktu klas 4 & 5 mengambil ekskul Jurnalistik.Untuk cerpen, beberapa kali ikut lomba tapi belum rizkinya untuk mendapat juara. Anak saya ingin sekali bisa membuat novel,tp krn sekarang klas 6, shg belum sempat untuk menulis. Yang ingin saya tanyakan, apakah beberapa karya cerpennya bisa saya kirim ke FLP untuk bisa mendapat bimbingan agar karyanya bisa diterbitkan. Siapa tahu InsyaAlloh bisa seperti mbak Afifah. Amiin. Kalau bisa, mengirimnya langsung ke FLP atau ke mbak Afifah. Atas bantuan informasi & penjelasannya saya ucapkan terima kasih. Jazzakillah. Wasslmkm.

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaikum wr. wb Mba' Afra, numpang tanya... Kenapa Serial Topan Marabunta gak ada kelanjutanya? Penasaran nih, Syukran... Wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Ada kelanjutannya, tunggu aja yaaa?

      Delete
  36. assalamualaikum...mbak, saya ingin belajar lebih lanjut tentang kepenulisan, saya ingin kayak mbak jadi seorang penulis.saya dulu sempat bertemu mbak ketika diklat di talun blitar,saya inginbelajar lebih dauh dari mbak? bagaimana mbak??

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaikum...mba afra...salam kenal.
    saya ela zlaeha salah satu pengagum karya-karya mba. Meskipun saya baru membaca sebagian karya mba afra, hehe. saya ingin banget seperti mba afra...setelah saya membaca buku "Be a Brilliant Writer" saya termotivasi untuk menjadi penulis. Sedari kecil saya gak suka membaca sampai SMA pun saya masih kurang suka membaca. Tapi setelah saya kuliah di Unnes saya punya teman2 dan kakak2 angkatan atas yang luar biasa. mereka bisa karena mereka senang membaca sehingga aya termotivasi untuk senang membaca. Dan saya ingin menjadi penulis seperti mba yang bisa bermanfaat bagi orang lain...o iya mba kalau saya menshare sebagian artikel/tulisan mba ke blog saya boleh? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. InsyaAllah sebentar lagi akan muncul penulis hebat: ela. Boleh dishare, asal diberi sumber ya?

      Delete
  38. Assalamualaikum wr wb.
    Salam kenal Mba Afra, saya share di fb saya, link tulisan 'Catatan Afifah Afra : Salah Distribusi Penulis yang Kena Getah' ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Maaf baru balas, silakan :-)

      Delete
  39. Assalamu alaikum salam kenal.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam... salam kenal kembali

      Delete
  40. assalamualaikum . .
    salam kenal mbak . .
    mbak, saya termasuk penggemar novel marabunta
    saya mau tanya, untuk marabunta 4, dimana ya saya bisa beli ? soalnya saya tanya di gramedia ndak ada
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. MArabunta 4 bisa dibeli di www.tokobukuafra.com atau hub 0878.3538.8493

      Delete
  41. Subhananallah, segudang prestasi telah diraih, ada rasa iri tuk mengikuti jejaknya, punten mba bolehkan minta referensi teman lelaki yang bisa mengajarkan tulis menulis kepada saya, jujur saya juga ingin lancar menulis, karena ingin berdakwah lewat tulisan juga, terima kasih, sms saya ya di 02191551913 please, semoga perhatiannya kpd saya menjadi investasi abadi di akherat kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu atas izin Allah semata. Mohon doanya...

      Delete
  42. assalaam'alaykum mbak afra, saya kiki pengunjung setia blog mbak, saya pernah dengar dulu mbak afra juga mengasuh majalah remaja gizone, apa masih aktif mbak majalahnya? kalau masih, apa saya bisa bergabung? terima kasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Iya, dulu di Gizone. Sekarang Gizone sudah berhenti terbit, tapi insyaAllah akan terbit lagi

      Delete
  43. aslm...mbak yeni
    setelah saya membaca buku be a brilliant writer, memotivasi saya untuk bisa menapaki jejaknya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Ditunggu karya-karyanya :-)

      Delete
  44. bener bener FANTASTIC
    dari bahasanya yg mencubit,,, alurnya yg menggila... sampe isinya yg briliant menyentuh...
    terimakasih Njenengan sangat memotivasiku dalam menulis,,, semoga karya2 mba slalu menularkan semngat2 mb afra pada yg lain,,, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya berlebihan ya, pujiannya. Anda bisa kok, bikin lebih dari itu :-)

      Delete
  45. assalamu'alaikum mbak!
    setelah membaca buku mbak (be a brilliant writer)saya menjadi semangat utk jadi penulis! tapi sya merasa belum cukup dgn motifasi yg ada di buku tersebut!
    saya minta tolong diberi motifasi atau saran gimana jadi penulis yg motifator

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam. Kalau pinjem istilahnya Pak Jamil Azzaini, tempuh dulu 10rb jam terbang, kita akan jadi ahli, di bidang apapun! :-)

      Delete
  46. Assalamualaikum mbak!
    Marabunta series mandek ya? Saya nunggu lanjutan sejak tahun 2003 (Saya masih SMP waktu itu). Semoga masih dilanjutkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam. Sebenarnya sudah ada di file saya Marabunta 5, sudah pernah terbit bersambung di majalah Gizone juga. Nanti saya tawarkan ke penerbit deh...

      Delete
  47. Assalamu'alaikum mbak., saya dari FLP Bangkalan-Madura, kami punya rencana untuk mengadakan workshop kepenulisan dengan mengundang mbak afifah afra, kalau boleh tahu bagaimana prosedurnya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam wr. wb
      Silakan kontak saya di afifahafra@yahoo.com

      Salam

      Delete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. ASALAMUALAIKUM, MBAK AFFIFAH AFRA. SAYA PUNYA CERPEN TAPI SAYA TIDAK TAHU BAGUS APA TIDAK ATAU MASIH RELATIF. SAYA SUDAH MEMBACA KUMPULAN CERPEN MBAK AFFRA, GENDRUO TERPASUNG, WAKTU SAYA KELAS 3 MTS DI KEDIRI. SAYA JUGA MEMBELI SERIAL MARABUNTA WAKTU SAYA NYANTRI DI TEBUIRENG. TERAKHIR, SAYA BELI D'WHISENYA MBAK DAN SEDANG KEMBALI MENIKMATI BUKU 'HOW TO BE A SMART WRITTER' YANG SAYA BELI BEBERAPA TAHUN LALU. SENGAJA SAYA KEMBALI MEMBACANYA KARENA SAYA MULAI MENULIS CERPEN LAGI SETELAH BEBERAPA WAKTU TERHENTI KARENA AKTIVITAS MENGAJAR. JIKA MBAK BERKENAN, SAYA INGIN BERBAGI CERITA. SEBAGAI PENULIS MBAK TENTU TAHU APA ARTI KRITIKAN DAN MASUKAN BAGI SEORANG PENULIS, APA LAGI YANG MASIH PEMULA DAN BELIA SEPERTI SAYA. JIKA AFFRA BERKENAN, KEMANA SAYA HARUS MENGIRIMKAN CERPEN-CERPEN SAYA ITU. TERIMAKASIH BANYAK SEBELUMNYA.

    ReplyDelete
  50. assalamualaikum mbak afra, eh saya manggilnya bu apa mbak yah? mbak aja deh ya hehe...saya suka sekali karya2 mbak afra, dan saya ingin sekali suatu hari nanti bisa bertemu mbak. saya juga dari Purbalingga lhoo...pengen banget bisa belajar nulis sama mbak...:D

    ReplyDelete
  51. Asalamua'alaikum, mbak... salam kenal, saya shela puzi dina, saya pernah ketemu mbak waktu seminar menulis di Banjarbaru, waktu itu saya masih blum jd anggota flp bnjarbaru, tp skarang sy mlah gak trlalu aktif di flp banjarbaru krena lg kuliah di solo T_T prnah kpikiran mau jd anggota flp yg di solo tp kan kuliah saya gak nyampai 2 tahun(he he jd curhat), oh ya mbak sy pernah ngurusin rubrik cerpen di buletin kampus, kalo sy kirim cerpen dari situ ke media boleh gak ya? terima kasih

    ReplyDelete
  52. Nungguin buku novel Topan Marabunta 5 mulai dr SMP smpe skrg kul smt 7 d UB.. gtw klo ada d gizone
    Kpn serial novelnya terbit mb?

    ReplyDelete
  53. Just finished reading your 'da Conspiracao' ... the characters building, the plot, very good. Just enjoyed reading your novel. Want to read more and more. Glad to have a good writer ...

    ReplyDelete
  54. salam taa'ruf. masya Allah banyak pisan itu mbak bukunya. saya senang bisa mampir kesini. namany Afifa Afra pena ku pikir nama asli ya gpp bgus bgt kok artinya.

    mikir kapan aku bisa begitu? pasti tidak mudah.. perlu rajin baca

    ReplyDelete
  55. assalamualaikum
    salam kenal mbak,bu,ummi (harus manggil apa yah?hehe)..
    jujur dulu saya penggemar novel termasuk karangan mbak afifah afra,termasuk seri marabunta yang menegangkan itu.
    tak disangka setelah kuliah bisa nemu akun twitternya hehe
    sekali lagi salam kenal.
    terus warna i dunia penulisan indonesia dengan tulisan2 novel yang penuh hikmah

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum wb.
    Mba afivah adalah salah seorang penulis yang karya-karyanya telah menjadi favorite saya. Selain itu mba juga tergabung dalam forum kepenulisan yang berkualitas, "FLP"
    salam kenal mba..semoga kelak saya pun bisa mendulurkan karya-karya terbaik dan inspiratif seperti mba ^_^

    ReplyDelete