Tips Jitu Agar Novel Terbaru Anda Laris di Pasaran dan Diminati Para Pembaca

Novel Tere Liye, best seller di mana-mana (gambar: bukalapak.com)
Apakah Anda seorang penulis novel? Rasanya sebal sekali, jika buku yang kita tulis dengan susah payah, ternyata jeblok di pasaran, bukan? Sedih bin frustasi, dan ujung-ujungnya jadi malas menulis lagi.

Dunia perbukuan, khususnya novel, saat ini menjadi bidang yang mulai banyak diminati, terutama bagi orang-orang yang gemar bergiat dalam aktivitas literasi, yakni membaca dan menulis. Diawali dengan banyak membaca, hobi menulis pun bisa dengan mudah tersalurkan. Impian untuk menjadi penulis novel bukan lagi mustahil untukAnda kejar, terutama jika Anda benar-benar mengusahakannya.

Namun, tidak sedikit penulis yang merasa ragu atau takut kalau novel terbaru yang mereka keluarkan tidak laris di pasaran. Apalagi jika termasuk dalam barisan pendatang baru alias penulis pemula. Ya, sebab meskipun siapapun bisa mengeluarkan novel, tak semua  novel bisa memiliki nasib baik, yakni laris manis, apalagi meledak di pasaran dan syukur-syukur difilmkan.

Jangan khawatir! Percaya diri saja, sebab jika novel anda memang bagus, Anda sudah masuk step paling mendasar yang menjadi syarat paling penting sebuah novel bisa laris dan menjadi best seller.

Jika karya Anda memang bagus, cobalah Anda membaca tips-tips di bawah ini supaya novel yang Anda buat menjadi laris.

Tentukan Tema Sesuai dengan Trend Pasar

Sama dengan produk-produk lainnya, trend pasar juga bisa menjadi patokan keberhasilan dalam menulis novel. Jadi, tak ada salahnya Anda mencari tahu terlebih dahulu, tema apa yang sedang trend di kalangan para pembaca. Namun, Anda harus ingat. Sebelum menentukan temanya, tentukan terlebih dahulu siapa target pasar Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mencari tema novelnya.

Anda bisa melihat-lihat novel terbaru yang sedang naik daun sebagai referensinya. Jadi, kalau Anda mengambil contoh referensi tema dari novel yang sedang best seller, tidak menutup kemungkinan novel Anda pun juga dicari oleh para pembaca.

Tapi, pastikan jika Anda memilih temanya sesuai dengan target pasar. Jangan sampai Anda tidak menyesuaikannya karena Anda akan kesulitan mencari calon pembaca nantinya.

Tentukan Outline dan Kerangka Novel

Gambar: gigaom.com
Kalau Anda sudah menentukan tema sesuai dengan target pasar, Anda pun juga harus tepat memikirkan outline dan kerangka novel yang akan digunakan nantinya. Untuk apa sih kedua proses tersebut? Tentu saja supaya Anda bisa lebih mudah membuat isinya dan tidak keluar dari jalur cerita yang sudah dibentuk.

Tidak perlu menggunakan outline yang terlalu detail, cukup yang simple saja dan mudah Anda mengerti alurnya, Anda pasti bisa membuat isi cerita yang baik. Namun, kalau Anda sudah merasa pintar menulis dan menganggap membuat outline tidak terlalu penting, tidak ada salahnya juga Anda mengabaikan tips ini.

Novel terbaru yang laris tidak hanya dilihat dari kelihaian penulis, tapi juga efektivitas penulisan alur ceritanya. Jadi, Anda pikirkan baik-baik, ya.

Gunakan Teknik Penulisan yang Efektif dan Efisien


Gambar: stream.org
Keberhasilan membuat sebuah novel tidak mungkin bisa didapat kalau Anda tidak menggunakan teknik penulisan yang efektif dan efisien. Ada baiknya Anda memakai cara menulis yang membuat Anda nyaman dan cocok, sehingga proses penulisan pun bisa menjadi lebih cepat.

Kalau Anda masih belum tahu teknik apa yang Anda pakai, tidak ada salahnya Anda mencari referensinya di novel-novel yang lain. Anda pun juga bisa membuat sebuah cerita pendek terlebih dahulu untuk mencari tahu gaya penulisan apa yang cocok untuk Anda.

Yakin dan Alirkan Visi maupun Misi Anda

Hal yang penting dalam membuat sebuah novel adalah Anda harus yakin dengan kemampuan menulis Anda. Anda pun juga harus memiliki visi dan misi supaya lebih semangat dalam membuat sebuah cerita. Tanpa adanya itu semua, Anda pun mengerjakannya hanya setengah-setengah saja.

Bagi Anda yang ingin mencari novel terbaru sebagai bahan bacaan atau referensi, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Di market place Indonesia tersebut, Anda bisa menemukan banyak jenis genre novel yang sesuai dengan kegemaran Anda. Anda yang juga ingin menjual buku lama Anda bisa melakukannya dengan membuat lapak Anda sendiri.

Tidak heran kalau Bukalapak cocok dijadikan tempat jual beli buku online. Daripada bingung mencari toko buku, ada baiknya beralih ke Bukalapak. Apalagi, masa tayang buku-buku baru di toko buku saat ini sangat singkat. Hanya dalam tempo sekitar 3 bulan, kadang buku sudah diretur dari toko menuju penerbit. Sedangkan di Bukalapak, selain masih ada stok buku lama, biasanya juga harganya lebih murah karena ada diskon khusus. Metode pembayaran yang ditawarkan juga bermacam-macam, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi cara membayarnya bagaimana.

1 Response to "Tips Jitu Agar Novel Terbaru Anda Laris di Pasaran dan Diminati Para Pembaca"

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Google+ Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

banner

Iklan Bawah Artikel