Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Website



Search engine atau mesin pencari adalah sumber terbesar dan utama lalu lintas pengunjung pada suatu website. Sampai begitu viral perannya dalam dunia internet modern, untuk bisa nongkrong di halaman pertama mesin pencarian adalah sesuatu yang sangat tricky. Bagaimana tidak, persaingan untuk bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, dalam hal ini kita menggunakan Google sangatlah ketat. Di luar sana, mungkin terdapat ribuan website yang memiliki niche yang sama dengan website milik Anda. Tak hanya mengandalkan konten yang berkualitas dan SEO friendly, Anda juga bisa menggunakan plugin SEO WordPress terbaik untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Mengapa harus WordPress?

CMS (Content Management System) berbasis WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Pengguna WordPress dapat berjumlah total 27,5% dari total populasi 10 juta website yang ada di dunia. Oleh karena memiliki jumlah komunitas yang besar, WordPress memberikan dukungan semaksimal mungkin untuk menuntaskan keluhan para penggunanya. Lalu, plugin apa saja yang harus Anda install bila ingin mengoptimalkan fungsi SEO yang agar lebih optimal? Simak ulasannya berikut: 


1. WordPress SEO by Yoast

Kalau anda familiar dengan CMS WordPress. Tentu tidak asing dengan plugin yang satu ini. Yoast SEO adalah salah satu plugin yang paling banyak di download di WordPress. Yoast SEO adalah salah satu solusi paling powerful dari untuk mengupdate SEO sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan menggunakan Yoast SEO, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan terkait dengan kemudahan dalam melakukan optimasi SEO secara on site. Sebagai plugin CMS dengan  pengguna terbanyak di dunia, Yoast termasuk sangat mudah digunakan, bahkan oleh mereka yang masih pemula. Anda bisa dengan bebas menulis kustomisasi judul pada website, arsip, kategori, dan juga meta tag. Anda juga bisa menambahkan metadata, peta situs, dan ping situs setiap Anda memperbarui website. Instalasi Yoast SEO sendiri cukup mudah. Namun apabila Anda mengalami kesulitan untuk melakukan instalasi sendiri, Anda bisa meminta bantuan dimana Anda menyewa hosting.

2. SEMrush

SEMrush termasuk salah satu plugin yang paling populer di WordPress. Biasanya pengguna WordPress akan menemui SEMrush saat akan memasukkan gambar di postingan blog. Jadi, sebenarnya apa sih kegunaan dari SEMrush itu sendiri? SEMrush adalah tool yang berguna untuk melakukan analisis dan mengumpulkan insight yang hasilnya akan digunakan untuk meningkatkan SEO website kita sendiri. Dengan SEMrush Anda bisa mempelajari pencarian kata kunci secara organik untuk menentukan ranking, dari mana mendapatkan backlink, hingga menentukan strategi iklan untuk bersaing dengan website lain. Namun yang harus Anda perhatikan, SEMrush adalah plugin berbayar dengan skema subscription. Namun apa yang Anda keluarkan sebanding dengan data akurat yang akan Anda dapatkan. Penyedia hosting terbaik pun menggunakan plugin ini pada website mereka. Sangat menarik, bukan?

3. Google Keyword Planner

Sebagai raksasa mesin pencari terbesar di dunia, tak ada yang lebih mengetahui apa yang dicari orang di seluruh dunia kecuali Google. Google keyword planner adalah salah satu tools yang wajib digunakan oleh siapa saja yang berkecimpung di dunia internet dan marketing. Tools ini ditawarkan oleh Google untuk dapat digunakan siapapun pastinya tidak ditarik biaya sama sekali alias gratis. Dengan menggunakan tools ini, anda sebagai pengiklan untuk memilih kata kunci yang tepat, dengan wawasan berupa perkiraan volume pencarian, jumlah hasil, dan tingkat persaingan yang dihadapi. Google keyword planner ini sangat bermanfaat untuk Anda yang fokus pada aktivitas content marketing dan blogging. Anda bisa menggunakan data ini untuk menemukan kata kunci yang memiliki value yang tinggi. Dengan data ini, Anda bisa menentukan kata kunci yang memungkinkan Anda untuk memenangkan persaingan.

4. KeywordTool.io

Selain Google Keyword Planner, tools untuk melakukan pencarian kata kunci yang powerful laina adalah Keyword Tool. Alat ini akan membantu anda untuk mendapatkan ide kata kunci berdasarkan frase yang Anda tulis di search box. Anda akan mendapat suggest kata kunci dari fitur saran otomatis google. Saran kata kunci adalah informasi yang sangat berharga. Alat ini mengandalkan Google autocomplete yang menyarankan kata kunci berdasarkan seberapa sering suatu kata kunci digunakan untuk pencarian.  Saran dari Keyword Tool sendiri adalah dengan menghimpun istilah kata kunci yang paling sering dicari di google. Dengan kemampuan yang komplit, Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis  dan siapapun dapat memakainya. Keyword Tool sangat bisa diandalkan dalam rangka melakukan optimasi konten di website wordpress Anda. Selain itu Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pencarian kata kunci untuk platform video Youtube, Bing dan application store. Lengkap sekali. 


5. Open Site Explorer

Open site explorer merupakan plugin SEO WordPress yang berguna untuk memeriksa data di domain manapun. Dengan plugin ini Anda dapat melihat tautan maupun anchor text yang digunakan situs yang Anda teliti. Singkatnya Open Site Explorer akan memberikan informasi terkait halaman teratas, domain atau apapun lainnya yang bertautan dengan website Anda. Karena ini adalah plugin gratisan maka akan ada beberapa pembatasan pencarian yang Anda dapatkan. Untuk mendapatkan fitur penuhnya, Anda bisa beralih ke versi pro dengan berlangganan bulanan plugin besutan Moz ini.

6.  Outreach Plus

Outreach Plus adalah plugin SEO WordPress terbaik yang berfungsi untuk meningkatkan pemasaran digital Anda melalui kampanye email. Plugin ini hadir dengan berbagai fitur yang sangat powerful. Fitur itu antara lain smart personalization, respons otomatis, insight, dan berbagai fitur lain yang sangat berguna untuk kampanye email marketing Anda. Plugin ini termasuk sangat mudah dalam pengoperasiannya dan memiliki built in email client yang akan memastikan bahwa email Anda tidak berakhir di folder spam. Tentu akan sangat mengecewakan kalau email yang Anda buat dengan baik tak akan terbaca oleh orang yang menjadi target Anda. Dengan plugin ini Anda dapat menambahkan beberapa akun email, melakukan follow up, dan mampu meningkatkan traffic yang masuk ke website Anda. 


7. Broken Link Checker

Link yang mati bukan hanya akan memberikan pengalaman kurang menyenangkan pada pengunjung website Anda, namun juga akan berpengaruh pada ranking mesin pencarian. Oleh karena itu, Anda harus segera memperbaiki apabila mendapati link yang mati di website Anda. Plugin yang sangat berguna untuk membantu menemukan link mati di website WordPress Anda adalah Broken Link Checker. Anda dapat memperbaiki link yang mati tersebut menggunakan plugin gratisan ini tanpa harus memperbaiki postingan secara keseluruhan. Namun yang patut menjadi perhatian Anda adalah plugin ini memiliki kekurangan yaitu beberapa penyedia hosting memblokir plugin ini dalam layanan mereka. Jadi sebelum memasang plugin ini, pastikan penyedia hosting Anda tidak memblokir plugin ini.

8.  SEOquake

SEOquake adalah tool yang tersedia sebagai add on pada browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan Opera. Tools ini akan memberikan informasi pada Anda seperti page rank, alexa rank, dan berbagai parameter lain yang berkaitan dengan SEO. Karena memiliki fitur yang sangat powerful,plugin ini banyak digunakan oleh para praktisi SEO, dan tak sedikit penyedia hosting yang menyarankan pelanggannya menggunakan plugin ini.

Kesimpulan

Itulah tadi sederat plugin SEO WordPress terbaik yang bisa membantu melakukan optimasi website Anda. Pastikan website WordPress Anda menggunakan plugin SEO terbaik untuk meningkatkan ranking di mesin pencarian. Sebelum memasang plugin SEO WordPress, jangan lupa konsultasikan dulu pada penyedia hosting Anda untuk apakah plugin yang Anda inginkan kompatibel dengan website Anda.

Belum ada Komentar untuk "Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Website"

Posting Komentar

Mohon maaf, karena banyak komentar spam, kami memoderasi komentar Anda. Komentar akan muncul setelah melewati proses moderasi. Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

banner

Iklan Bawah Artikel